Sukses

Cek Fakta: Hoaks Informasi Promo Handphone dari JNE

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi mengenai promo handphone dari perusahaan ekspedisi JNE. Informasi ini disebar oleh salah satu akun Facebook pada 22 Oktober 2021 lalu. Informasi tersebut disertakan foto bungkusan paket dan ditambahkan narasi sebagai berikut.

"Assalamualaikum,Mohon ijin teman facebook yang saya tandai dipostingan saya.

Selamat Sore teman"Nih lagi ada EVENT PROMO JNE Handphone Vivo V19 RAM8/ROM128 Seharga Rp1,000,000jt dan masih banyak Hp lainnya Awalnya sih saya ragu dan kurang percaya setelah saya coba untuk ikutan promonya dan mengikuti beberapa langkah"dari ADMIN SMARTPHONE NYA ternyata beneran amanah barang pesanan saya Vivo V19 sampai dalam waktu kurang lebih 2 hari ,Buat teman teman yang mau tau/ikutaan promonyaa hubungi langsung Wa adminnya 0895410240166 bilang aja mau daftar event promonya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan salah satu akun Facebook telah 15 kali direspons dan mendapat 23 komentar dari warganet.

Benarkah ekspedisi JNE mengadakan promo handphone dengan harga terjangkau? Simak penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri adanya informasi tersebut melalui instagram resmi yang dikelola JNE, @jne_id. Hasilnya, ditemukan sebuah unggahan yang berisi pemberitahuan agar waspada terhadap informasi hoaks yang mengatasnamakan JNE.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @jne_id.

"Tetap waspada ya #TemanJNE !!!

Hati-hati atas segala jenis penipuan yang mengatasnamakan JNE dan jangan sampai kamu jadi korbannya. Segera laporkan ke @kemenkominfo jika #TemanJNE mendeteksi adanya kejanggalan yang mengarah ke penipuan.

Segala informasi tentang JNE bisa hanya diakses melalui call center, social media dan web resmi JNE yaitu:

📞 : 021 2927 8888

🌐 : www.jne.co.id

Twitter : @JNECare atau @JNE_ID

FB Fanpage : JNE

Instagram : @jne_id," tulis akun Instagram @jne_id pada Rabu (27/10/2021)

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CVg-FKJvXRL/?utm_medium=copy_link Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi promo handphone dari perusahaan ekspedisi JNE ternyata tidak benar alias hoaks. JNE melalui akun Instagramnya @jne_id memastikan, tidak pernah meluncurkan program promo handphone. JNE menyebut bahwa konten tersebut merupakan modus penipuan.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.