Sukses

Cek Fakta: Hoaks Artikel Liputan6.com Berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Sindikat Pencucian Uang Sebelum Kasus Formula E"

Beredar di media sosial postingan cuplikan layar artikel berita dari Liputan6.com terkait Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan cuplikan layar artikel berita dari Liputan6.com terkait Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang disebutkan masuk ke dalam daftar sindikat pencucian uang sebelum kasus formula e. Postingan ini ramai dibagikan awal pekan kemarin.  

Salah satu yang mempostingnya adalah sebuah akun di Facebook pada 5 Oktober 2021.

Postingan tersebut menayangkan gambar tangkapan layar artikel berita Liputan6.com yang diberi judul "Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum kasus formula e".

Dalam postingan tersebut juga disertai narasi tambahan:

“Jubir KPK: anies baswedan masuk daftar paling brutal Menggunakan anggaran APBN dki jakarta”

Lalu benarkah dalam cuplikan layar potongan artikel Liputan6.com berjudul "Anies Baswedan masuk daftar sindikat pencucian uang sebelum kasus formula e"?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri ini menggunakan kata kunci yang sama dengan judul yang tertera dalam potongan gambar tersebut. Yakni "Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum kasus formula e." Namun hasil penelusuran tidak menemukan artikel yang dimaksud.

Penelusuran dilanjutkan dan Cek Fakta Liputan6.com menemukan artikel asli dengan tanggal dan waktu yang sama berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan". Artikel tersebut tayang di Liputan6.com pada 30 April 2010 pukul 17.17 WIB. Dalam artikel tersebut justru mengulas Anies menjadi salah satu calon pemimpin Indonesia.

Artikel sama sekali tidak menyebutkan perihal sindikat pencucian uang sebelum kasus Formula E seperti yang viral di media sosial.

Selain itu terdapat kesamaan lain pada artikel yang asli dengan yang viral dibagikan di media sosial yakni tampilan foto Anies Baswedan dan logo SCTV dengan letak di pojok kanan atas serta kategori kanal politik.

Berikut isi artikel selengkapnya:

"Liputan6.com, Jakarta - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April ini.

Nama Anies dicantumkan bersama tokoh-tokoh dunia seperti Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, dan Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband.

Dalam edisi khusus berjudul "20 Orang 20 Tahun" itu Foresight mengulas Anies sebagai salah satu calon pemimpin Indonesia masa mendatang. Foresight juga menulis, cucu almarhum AR Baswedan--tokoh yang ikut andil dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia--itu adalah seorang muslim moderat yang sampai saat ini tetap konsisten pada pendiriannya untuk tidak memihak pada kekuatan (politik) tertentu.

Majalah bulanan Foresight diterbitkan salah satu penerbit tertua Jepang, Shinchosha, dan merupakan majalah berkualitas prima yang mengulas berita dan analisis politik dan ekonomi internasional dan domestik Jepang.

Sebelumnya, pada April 2008, majalah Foreign Policy, Amerika, pernah memilih Anies sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar "100 Tokoh Intelektual Dunia" bersama Noam Chomsky, Al Gore, Francis Fukuyama, Samuel Huntington, Vaclav Havel, Thomas Friedman, Bernard Lewis, Lee Kuan Yew dan pemenang Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus.

Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969. Doktor ilmu politik dari Northern Illinois University, AS, ini lahir dari keluarga pendidik. (Ant/YUS)"

Sumber:

https://www.liputan6.com/news/read/274938/anies-baswedan-masuk-daftar-tokoh-masa-depan

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan berisi cuplikan layar potongan artikel Liputan6.com berjudul “Anies Baswedan masuk daftar sindikat pencucian uang sebelum kasus formula e" adalah hoaks. Faktanya artikel asli berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan”.

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.