Sukses

Cek Fakta: Hoaks Megawati dan Xi Jinping Nyatakan Perang dengan Umat Islam

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden China Xi Jinping menyatakan perang terhadap umat islam beredar di media sosial.

Kabar tersebut disebarkan lewat sebuah video berjudul "BERITA HARI INI~MEGAWATI & XIN JINPING TERANG2AN NYATAKAN PERANG DG UMAT ISLAM~VIRAL NEWS" yang diunggah channel YouTube KABAR NKRI pada 2 Juli 2021.

Dalam video berdurasi 12 menit itu berisi potongan video dari pidato Megawati dan beberapa foto Xi Jinping.

Video yang disebarkan channel YouTube KABAR NKRI telah 66 ribu kali ditonton dan mendapat 695 komentar warganet.

Benarkah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden China Xi Jinping menyatakan perang terhadap umat islam? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden China Xi Jinping menyatakan perang terhadap umat islam.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah salah satu potongan gambar dalam video tersebut ke situs Google Reverse Images. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Pesta Megah HUT ke 100 Partai Komunis China, Megawati Ucapkan Selamat" yang dimut situs inews.id pada 2 Juli 2021.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs inews.id.

JAKARTA, iNews.id - China gelar pesta termegah rayakan HUT ke 100 Partai Komunis China (PKC) Kamis, (1/7/2021).

Perayaan ini digelar di Lapangan Tiananmen dan dihadiri 70.000 orang. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri turut ucapkan selamat kepada PKC.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah gambar Xi Jinping dalam video itu. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Jokowi Tak Ingin Investasi Tiongkok Dibelokkan Jadi Isu Politik" yang dimuat situs katadata.co.id pada 24 Mei 2021.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs katada.co.id.

Dalam artikel tersebut terdapat keterangan foto sebagai berikut:

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "megawati xi jinping perang lawan islam" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memberitakan kabar tersebut.

 

Referensi:

https://www.inews.id/multimedia/video/pesta-megah-hut-ke-100-partai-komunis-china-megawati-ucapkan-selamat

https://katadata.co.id/pingitaria/berita/5e9a5656d6b67/jokowi-tak-ingin-investasi-tiongkok-dibelokkan-jadi-isu-politik

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden China Xi Jinping menyatakan perang terhadap umat islam ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valin mengenai isu tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.