Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Penampakan Pelangi di Planet Mars hingga Anies Baswedan Pamerkan Lem Aibon

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Satu di antaranya foto yang diklaim pelangi di Planet Mars. Postingan ini banyak disebarkan pada awal April 2021. Foto tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Robert Mask pada 5 April 2021 lalu.

Dalam postingannya terdapat gambar seperti siluet pelangi. Ia menambahkan narasi: "Rainbows on Mars!!!" atau dalam Bahasa Indonesia "Pelangi di Mars!!!"

Namun setelah ditelusuri, postingan yang menyebut ada pelangi di Planet Mars adalah tidak benar.

Selain foto yang diklaim pelangi di Planet Mars, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

2 dari 7 halaman

Foto Joe Biden Berlutut di Depan Anak George Floyd

Beredar di media sosial postingan terkait Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang diklaim berlutut di depan anak George Floyd. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Pierre-Yves Njeng. Dia mempostingnya di Facebook pada 21 April 2021.

Dalam postingannya terdapat foto Joe Biden sedang berlutut di depan anak kecil. Dalam postingan tersebut ditambahkan narasi:

"President Joe Biden kneels to beg George Floyd's son for forgiveness. The same kneeling position that killed Floyd."

Atau dalam Bahasa Indonesia:

"Presiden Joe Biden berlutut untuk memohon pengampunan kepada putra George Floyd. Posisi berlutut yang sama saat Floyd terbunuh."

Setelah ditelusuri, postingan foto yang mengklaim Joe Biden sedang berlutut di depan anak George Floyd adalah tidak benar.

Faktanya anak kecil dalam foto tersebut merupakan putra dari Clement Brown yang mempunyai toko di Detroit Michigan.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 7 halaman

Foto Rizieq Shihab Diborgol dan Pakai Celana Pendek

Sebuah foto yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah diborgol dan mengenakan celana pendek beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi pada 15 April 2021.

Dalam foto tersebut, Rizieq Shihab tampak digiring tiga polisi berpakaian preman. Rizieq juga terlihat mengenakan baju tahanan berwarna oranye, celana pendek hitam, dan kedua tangannya diborgol. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"KETURUNAN NABI KOQ DI USIR DI ARA SAUDI A'NE DI USIR Di Indonesia A'NE DI BORGOL"

"Diriwayatkan Oleh Bukhari, No.1899 Muslim, No.1079, Dari Abu Hurairah Radhillahu'anhu Sesungguhnya Rasulullah SAW Bersabda: "Apabila Bulan Ramadhan Tiba, Pintu-pintu Surga Dibuka, Pintu-pintu Neraka Ditutup & Setan-setan / IBLIS Dibelenggu."👇👇😛🤪😛," tulis akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi telah 3 kali dibagikan dan mendapat 326 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah diborgol dan mengenakan celana pendek.

Faktanya, foto tersebut merupakan Jon Riah Okur atau dikenal Jonru Ginting, yang ketika itu berstatus tersangka kasus dugaan ujaran kebencian. Foto yang disebarkan akun Facebook Yan Andriana Prabu Siliwangi telah dimanipulasi atau diedit.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 7 halaman

Foto Jokowi Naik Mobil Esemka

Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut diunggah akun Facebook Ratna ID pada 20 April 2021.

Dalam foto tersebut, terdapat gambar Jokowi tampak tengah duduk santai mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Terdapat juga empat ban mobil di dalam foto tersebut.

"Akhirnya Bisa Juga Gw Ngeliat Jokowi Naik Mobil ESEMKA

Met Bobo Bong.. 😘," tulis akun Facebook Ratna ID.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ratna ID telah 9 kali direspons dan mendapat 8 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah naik mobil Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Ratna ID adalah hasil manipulasi.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

5 dari 7 halaman

Foto Anies Baswedan Pamerkan Lem Aibon

Sebuah foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang memamerkan lem aibon beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Wijil Tukul Subur Makmur pada 20 April 2021.

Dalam foto tersebut, Anies Baswedan yang mengenakan kemeja berwarna putih terlihat memegang lem aica aibon di tangan kanannya. Terdapat juga narasi dalam foto tersebut.

"sekali hirup anda..akan masuk surga..

#wan aibon#"

"Huahaaa," tulis akun Facebook Wijil Tukul Subur Makmur.

Konten yang disebarkan akun Facebook Wijil Tukul Subur Makmur telah 20 kali direspons dan mendapat 301 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang memamerkan lem aibon ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut sudah dimanipulasi dengan menambahkan gambar lem aibon.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

6 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan beriktu ini: