Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Joe Biden Berlutut di Depan Anak George Floyd

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang diklaim berlutut di depan anak George Floyd. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Pierre-Yves Njeng. Dia mempostingnya di Facebook pada 21 April 2021.

Dalam postingannya terdapat foto Joe Biden sedang berlutut di depan anak kecil. Dalam postingan tersebut ditambahkan narasi:

"President Joe Biden kneels to beg George Floyd's son for forgiveness. The same kneeling position that killed Floyd."

Atau dalam Bahasa Indonesia:

"Presiden Joe Biden berlutut untuk memohon pengampunan kepada putra George Floyd. Posisi berlutut yang sama saat Floyd terbunuh."

Lalu benarkah foto tersebut merupakan Joe Biden sedang berlutut di depan anak George Floyd?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Image shows Joe Biden kneeling to speak to a boy in Detroit, not George Floyd's daughter" yang tayang di AFP Fact Check pada 27 November 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa anak yang bersama Joe Biden bukanlah anak dari George Floyd. Foto tersebut diambil oleh fotografer Getty Images, Chip Somodevilla pada 9 September 2020 di Michigan.

Dalam narasinya Chip menulis Joe Biden berbincang dengan anak bernama C.J Brown putra dari Clement Brown yang punya toko di Detroit bernama "Three Thirteen".

Saat itu Biden sedang menjalani kampanye Pilpres AS di Michigan dan mampir ke toko membelikan sesuatu untuk cucunya.

Selain itu terdapat juga foto dari fotografer AFP, Jim Watson yang mendokumentasikan momen itu dari angle yang berbeda. Terlihat sang ayah Clement Brown memakai celana jins biru dan t-shirt berwarna abu-abu.

Di dalam akun Instagramnya, Joe Biden juga mengunggah momen itu pada 15 September 2020. Dalam postingannya terdapat narasi:

"Our children are a constant reminder of why I’m in this fight.

We need to build an economy that gives them and their families a fair shot.We need to root out systemic racism so they grow up in a more just nation than we have now.We need to combat climate change so there’s a world left for them to thrive in.

I believe in a better future for our children and will fight for them until the very end."

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joe Biden (@joebiden)

Sumber:

https://factcheck.afp.com/image-shows-joe-biden-kneeling-speak-boy-detroit-not-george-floyds-daughter

https://www.instagram.com/p/CFKYTOnhvtJ/

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan foto yang mengklaim Joe Biden sedang berlutut di depan anak George Floyd adalah tidak benar. Faktanya anak kecil dalam foto tersebut merupakan putra dari Clement Brown yang mempunyai toko di Detroit Michigan.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini