Sukses

Cek Fakta: Benarkah Joe Biden Rayakan Pesta Ulang Tahun Tanpa Masker? Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan sebuah video yang menggambarkan Joe Biden, pemenang pemilihan presiden (pilpresAS 2020, merayakan ulang tahun. Netizen terlihat geram karena di video itu, Joe Biden tidak memakai masker.

Akun atas nama Clint Fuller mengunggah video perayaan ulang tahun Joe Biden dipenuhi orang tanpa menggunakan masker. Dia mengklaim kalau Joe Biden tidak peduli dengan virus corona covid-19.

Begini narasinya:

"Ini pesta ulang tahun Joe Biden... Tidak ada yang memakai masker, tidak ada satupun. Mengapa? Mereka tahu ini semua omong kosong... Ulang tahun Joe Biden pada 11/20 dan Anda bisa melihat tanda-tanda kepresidenan di dinding."

Video itu berada di Facebook pada Kamis (26/11/2020). Video tersebut sudah disaksikan ratusan kali oleh warga Facebook lainnya.

Lalu benarkah klaim yang mengatakan Joe Biden merayakan hari ulang tahunnya tanpa menggunakan masker?

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video itu. Kemudian, hasil tangkapan layar ditelusuri menggunakan Google Image dan Yandex.

Hasil penelusuran mengarahkan ke akun Twitter Walikota Atlanta, Keisha Lance Bottoms. Dia mengunggah video itu untuk pertama kali pada 20 November 2020.

Dengan narasi sebagai berikut:

"Semoga Presiden terpilih kami Joe Biden bahagia. Selamat ulang tahun dari the great Blue state of Joe’gia."

Video itu membuat netizen gaduh. Sebab, banyak yang menuding Joe Biden tidak peduli dengan virus corona covid-19 yang melanda AS. Hingga saat ini, Kamis (26/11/2020), kasus covid-19 di AS sudah berada di angka 12,8 juta.

Sadar kicauannya membuat gaduh, Keisha Lance Bottoms pun memberikan keterangan yang lebih jelas. Menurutnya, video itu diambil pada tahun 2019, sebelum terjadinya pandemi covid-19.

"Sebelum covid! Ini terjadi di Gedung Putih setelah debat pada 11/20/19," kicaunya.

Klaim serupa juga dibantah oleh The New York Times dalam artikel berjudul: "No, Joe Biden did not have a maskless birthday party last week". Artikel ini dipublikasikan pada 23 November 2020.

Disebutkan dalam artikel tersebut, video Joe Biden merayakan ulang tahun tanpa masker di tahun 2020 merupakan informasi yang salah. Disebutkan, video itu diambil tahun 2019, sebelum pandemi covid-19.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Joe Biden merayakan ulang tahun di tahun 2020 tanpa menggunakan masker merupakan informasi yang salah.

Faktanya, video itu diambil pada 2019 sesudah debat pilpres AS di Gedung Putih.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: