Sukses

6 Foto Hoaks yang Beredar Sepekan, Simak Faktanya

Berikut kumpulan foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta- Informasi yang tersebar di media beragam bentuknya, salah satunya foto. Namun, informasi tersebut tidak bisa langsung dipercaya sebab tidak semuanya alias hoaks.

Foto hoaks biasanya disajikan dengan keterangan yang tidak sesuai dengan fakta dan telah mengalami editan.

Berikut kumpulan foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1.  Foto Jokowi Meminum Pemutih Pakaian

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Jokowi dengan Meminum Pemutih Pakaian (sumber: Facebok)

 Sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Erwan Cobain pada 12 April 2021.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak mengenakan jas berwarna putih dengan dasi merah. Ia tampak memegang gelas minuman dengan merek salah satu pemutih pakaian, Bayclin. Terdapat juga sebuah narasi dalam foto tersebut.

Benarkah dalam foto tersebut Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian? Berikut penelusurannya.

 

2. Foto Ahok pakai Seragam Polri

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Ahok pakai seragam Polri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memakai seragam Polri. Foto tersebut diunggah akun Facebook Agung Setiawan, pada 11 April 2021.

Unggahan klaim foto Ahok pakai seragam Polri tersebut menampilkan seorang dengan wajah seperti Ahok, mengenakan seragam Polri yang dibalut rompi hitam dan senjata laras panjang sedang berdiri membelakangi seorang yang mengenakan baju putih dengan wajah seperti Rizieq Shihab sedang berdiri dibalik teralis sambil mengangkat tangan kanannya.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Alhamdulillah...Ramadhan tahun ini Insya Allah akan lebih adem, tenang dan khusyu dlm menjalankan ibadah, karena setannya udah di kerangkeng alias di penjara...😁😁"

Benarkah klaim foto Ahok pakai seragam Polri? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim foto Ahok pakai seragam Polri tidak benar.

Seorang yang mengenakan seragam Polri dalam foto tersebut bukan Ahok, foto tersebut telah diubah dari foto aslinya. 

 

3. Foto Xanana Gusmao Bantu Korban Bencana NTT

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Budi Purnomo Purnomo yang mengunggah foto seorang berambut putih, sedang membawa kotak berwarna coklat di antara sejumlah orang.

Foto klaim foto Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT diberi keterangan sebagai berikut:

"Pak Xanana ikut bantu-bantu saudara kita yang tertimpa musibah di NTT. Semoga beliau diberi kesehatan dan keselamatan. Aamiin".

Benarkah klaim foto Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto Xanana Gusmao membantu korban bencana NTT tidak benar.

Dalam foto tersebut Xanana Gusmao memang sedang memabantu korban banjir, tetapi di di kotamadya Manatuto Timor Leste bukan di NTT.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Foto Jokowi Membaca Komik Doraemon

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Jokowi Membaca Komik Doraemon (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi membaca komik Doraemon beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Faisal Alam Babegah pada 13 April 2021.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak tengah serius membaca komik Doraemon Petualangan. 

"Gerakan gemar membaca," tulis akun Facebook Faisal Alam Babegah.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Jokowi membaca komik Doraemon? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim Presiden Jokowi membaca komik Doraemon ternyata tidak benar. Faktanya, dalam foto tersebut Jokowi tengah membaca komik Si Juki.

Foto yang disebarkan akun Facebook Faisal Alam Babegah telah disunting dan ditambahkan gambar komik Doraemon.

 

5. Foto Jokowi Pamerkan Minuman Jasjus

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Presiden Jokowi Tengah Memamerkan Minuman Jasjus (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ pada 12 April 2021.

Ada dua foto yang diklaim Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus. Foto pertama, Jokowi terlihat sedang menerima wawancara dengan sejumlah media. Ia tampak memegang minuman Jasjus.

Foto kedua, Jokowi terlihat tengah berpidato. Di tangannya, ia tampak memegang minuman Jasjus berwarna oranye. Terdapat juga narasi dalam foto tersebut.

"JAS JUS COCOK BUAT BUKA PUASA UNTUK KAUM CEBONG DUNGU DAN JUGA LAKNAT"

"MANTAP WI SARKOWI 😂," tulis akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ telah 2 kali dibagikan dan mendapat 20 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ telah disunting dan ditambahkan gambar minuman Jasjus.

 

6. Foto Penampakan Mobil Esemka

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Penampakan Mobil Esemka (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim penampakan mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Sutrisno pada 12 April 2021.

Akun Facebook Sutrisno mengunggah sebuah foto yang diklaim sebagai penampakan mobil Esemka. Dalam foto tersebut tampak seorang pria dengan tengah menarik sebuah miniatur mobil dengan menggunakan tali.

Foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"PERMISI..

MOBIL ESEMKA MAU LEWAT"

Benarkah foto tersebut merupakan penampakan dari mobil Esemka? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim penampakan mobil Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan penampakan mobil Esemka.

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.