Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Meminum Pemutih Pakaian

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Erwan Cobain pada 12 April 2021.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak mengenakan jas berwarna putih dengan dasi merah. Ia tampak memegang gelas minuman dengan merek salah satu pemutih pakaian, Bayclin. Terdapat juga sebuah narasi dalam foto tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook Erwan Cobain telah 1 kali dibagikan mendapat 9 respons warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa, Jokowi tampak tidak mengonsumsi minuman bermerek pemutih pakaian.

Satu di antaranya artikel berjudul "Dubes Korsel: Selamat dari Presiden Moon Jae-in Atas Kemenangan Jokowi" yang dimuat situs Liputan6.com pada 22 Mei 2019.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

Dalam foto yang dimuat artikel tersebut, Jokowi tampak tengah meminum minuman teh kemasan. Ia terlihat tengah menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Foto tersebut merupakan rangkaian kegitan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di Indonesia pada November 2019 lalu. Ketika itu, Jokowi mengajak Moon Jae-in blusukan ke Bogor Trade Mall.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/global/read/3972631/dubes-korsel-selamat-dari-presiden-moon-jae-in-atas-kemenangan-jokowi

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah mengonsumsi minuman bermerek salah satu pemutih pakaian ternyata tidak benar. Faktanya foto yang diunggah akun Facebook Erwan Cobain telah disunting atau diedit.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: