Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Pamerkan Minuman Jasjus

Beredar foto yang diklaim Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ pada 12 April 2021.

Ada dua foto yang diklaim Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus. Foto pertama, Jokowi terlihat sedang menerima wawancara dengan sejumlah media. Ia tampak memegang minuman Jasjus.

Foto kedua, Jokowi terlihat tengah berpidato. Di tangannya, ia tampak memegang minuman Jasjus berwarna oranye. Terdapat juga narasi dalam foto tersebut.

"JAS JUS COCOK BUAT BUKA PUASA UNTUK KAUM CEBONG DUNGU DAN JUGA LAKNAT"

"MANTAP WI SARKOWI 😂," tulis akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ telah 2 kali dibagikan dan mendapat 20 komentar warganet.

Benarkah dalam foto tersebut Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus? Berikut penelusurannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Namun tidak ada minuman Jasjus dalam foto tersebut.

Foto pertama, bisa ditemukan dalam artikel berjudul "Jabatan Dihidupkan, Belum Ada Jenderal Ditunjuk Jokowi Jadi Wakil Panglima" yang dimuat situs detik.com pada 7 Februari 2020 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com

Sedangkan foto kedua ditemukan dalam artikel berjudul "Pamer 3 'Kartu Sakti' ke Pendukung, Jokowi: Mbois Nggak?" yang dimuat situs detik.com pada 25 Maret 2019 lalu. Dalam foto itu, Jokowi tampak tengah memamerkan tiga kartu sakti saat kampanye Pilpres 2019 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com

 

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-4483017/pamer-3-kartu-sakti-ke-pendukung-jokowi-mbois-nggak

https://news.detik.com/berita/d-4889526/jabatan-dihidupkan-belum-ada-jenderal-ditunjuk-jokowi-jadi-wakil-panglima

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Presiden Jokowi tengah memamerkan minuman Jasjus ternyata tidak benar. Faktanya, foto yang disebarkan akun Facebook Ꮶ Ꭼ Ꮲ Ꭺ Ꭱ Ꭺ Ꭲ telah disunting dan ditambahkan gambar minuman Jasjus.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.