Sukses

Cek Fakta: Viral Video Penampakan Perempuan Misterius Saat Evakuasi Korban di Sungai, Benarkah?

Beredar video yang diklaim penampakan perempuan misterius saat evakuasi korban di sungai. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim penampakan perempuan misterius berambut panjang saat pencarian korban di sungai beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh channel YouTube NEWS TV pada 22 Maret 2021.

Video tersebut berjudul "Viral💥 Penampakan Perempuan Rambut Panjang saat Pencarian Korban di Sungai". Dalam video berdurasi 1 menit 44 detik itu, memperlihatkan sejumlah petugas tengah menyusuri sungai. Terdapat sosok penampakan perempuan berambut panjang dalam video tersebut.

"Video yang memperlihatkan sosok wanita berambut panjang saat pencarian korban kecelakaan di Bali viral di media sosial.

Perlu diketahui sebelumnya, petugas dari Basarnas Bali tengah melakukan pencarian terhadap Ni Komang Ayu Ardani (37).

Korban diketahui mengalami kecelakaan di Tukad (Sungai) Petanu, disekitar Goa Gajah, Ubud, Gianyar, Bali

Video pencarian menjadi bahan perbicangan setelah diunggah akun media sosial (medsos) Tribun Bali pada Sabtu 20 Maret 2021," tulis channel YouTube NEWS TV.

Video yang disebarkan channel YouTube NEWS TV telah 6.402 kali ditonton dan mendapat beberapa respons warganet.

Benarkah ada penampakanperempuan misterius berambut panjang dalam video tersebut? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim penampakan perempuan misterius berambut panjang saat pencarian korban di sungai.

Penelusuran dilakukan dengan memasukan kata kunci "perempuan misterius evakuasi korban di sungai" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube. Hasilnya terdapat beberapa video serupa yang diunggah beberapa channel YouTube.

Satu di antaranya video berjudul "Heboh Penampakan Wanita Rambut Panjang yang Terekam Ikut Pencarian Korban Kecelakaan, Ini Faktanya" yang dimuat channel YouTube Tribunnews.com pada 22 Maret 2021.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Tribunnews.com.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa sosok perempuan berambut panjang itu adalah salah seorang relawan asal Meksiko, yang ikut turun membantu dalam pencarian Ni Komang Ayu Ardani di sekitaran Goa Gajah, Gianyar.

Hal itu disampaikan Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Bali, Anak Agung Alit Supartana. Relawan itu datang dan ikut membantu oencarian Ni Komang Ayu Ardani. WN asing itu diketahui tinggal di sebuah vila dekat lokasi pencarian. Wanita itu lantas membantu pencarian saat guide-nya memberitahu adanya korban kecelakaan.

 

 Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=OHFrX77U-uE

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim penampakan perempuan misterius berambut panjang saat pencarian korban di sungai ternyata tidak benar.

Faktanya, sosok yang dianggap misterius itu ternyata relawan asal Meksiko yang turut membantu pencarian korban kecelakaan di sekitaran Goa Gajah, Gianyar, Bali.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.