Sukses

Ragam Hoaks Pesan Singkat yang Catut Nama E-Commerce

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pesan singkat beredar di masyarakat menjanjikan hadiah menggiurkan mencatut nama e-commerce. Tak tanggung-tanggung biasanya pesan berantai ini menjanjikan hadiah hingga ratusan juta.

Namun untuk mendapatkannya masyarakat diminta untuk mengisi data dalam tautan yang disertakan dalam pesan singkat itu. Lalu apa saja pesan singkat yang mencatut nama e-commerce? Berikut dua di antaranya.

1. Cek Fakta: Hoaks Lazada Bagi-Bagi Uang Lewat SMS

Kabar tentang perusahaan e commerce Lazada membagikan hadiah lewat pesan singkat atau SMS beredar di media sosial.

SMS tersebut berisi pemberitahuan, jika si penerima mendapatkan uang senilai Rp 175 juta dari PT Lazada. Selain itu terdapat juga tautan atau link untuk info hadiah.

Berikut isi pesan tersebut:

"Info Trakhir..!!!Selamt Anda Resmi T-pilih Mndptkan Uang Tunai Rp 175.000.000 Dr PT.LAZADA. Kode ID Pmenang Anda KBR99D7 U/Info klik:

www.hadiahundianlazada.ga"

Benarkah Lazada membagikan hadiah ratusan juta rupiah lewat SMS? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2 dari 4 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Shopee Bagikan Hadiah Ratusan Juta Via SMS

Beredar melalui pesan singkat (SMS) kabar Shopee Indonesia membagikan hadiah ratusan juta rupiah. Pesan ini ramai lagi dibagikan belakangan ini.

Dalam pesan singkat tersebut disertakan tautan link untuk diisi oleh para pemenang. Berikut isi pesan singkat yang mencatut nama Shopee tersebut:

"PT SHOPEE INDONESIA bagi'' rejeki selamat no.anda resmi meraih hadiah 175jt dgn kode PIN: 25f4777 cek ID anda di bit.ly/infoshopeetbk959"

Lalu benarkah Shopee sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah ratusan juta melalui SMS? Simak dalam artikel berikut ini....

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini