Sukses

Ragam Hoaks Seputar Air Rebusan Tanaman yang Diklaim Mampu Sembuhkan Penyakit

Sayangnya, ada beberapa ramuan yang tersebar di media sosial merupakan hoaks alias menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Segelintir masyarakat Indonesia masih mempercayai obat-obatan tradisional. Sayangnya, ada beberapa ramuan yang tersebar di media sosial merupakan hoaks alias menyesatkan.

Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com merangkum ragam hoaks seputar tanaman yang diklaim bisa menyembuhkan penyakit.

1. Klaim Air Rebusan Belimbing Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19

Cek Fakta belimbing bisa cegah covid-19

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp video tentang buah belimbing wuluh yang disebut bisa mencegah dan mengobati covid-19. Video tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Salah satu akun yang membagikannya bernama Keyza Fie. Dia mengunggahnya di Facebook pada 3 Februari 2021.

Unggahan tersebut disertai narasi:

"Obat covid.....Simak.semoga bermanfaat......D ambil dari pengalaman pribadi yg terpapar covid😩Masuk akal..karna belimbing wuluh paling tinggi vitamni C ny..."

Video tersebut berdurasi 7 menit, 43 detik. Di dalam tersebut seorang wanita menyebut bahwa dia punya resep untuk covid-19.

Dalam video dia menyebut resep tersebut adalah buah belimbing wuluh. Belimbing tersebut direbus lalu diminum hangat-hangat.

Sebelum diminum rebusan buah belimbing wuluh dikumur-kumur di tenggorokan sebelum diminum. Dia pun mengklaim belimbing merupakan pencegahan terbaik covid-19.

Baca klaim hoaks tersebut melalui tautan ini.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Klaim Air Rebusan Daun Kersen Obat Paling Ampuh untuk Sembuhkan Diabetes

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan soal daun talok atau kersen sebagai obat paling mujarab untuk penderita diabetes. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Salah satu akun yang mempostingnya bernama Ifit Dwiva Putra Putra. Dia mengunggahnya di Facebook pada 2 Februari 2021.

Berikut isi postingannya:

"OBAT DIABETES PALING AMPUH._*#AJAIB !! INILAH OBAT DIABETES PALING AMPUH, SEBARKAN JANGAN SAMPAI PUTUS DI TANGAN ANDA.

Sebatas untuk Pengalaman...IBUKU,PENDERITA DIABETES,AtauTERKENAL DENGAN SEBUTANGULA DALAM DARAH, Sampai bila badan luka jadi akan*SUSAH UNTUK PULIH*.

Karena Ibuku juga STROKE dan Nyaris Semua Badan susah digerakkan sampai sepanjang Hari,Hanya TIDUR / BERBARING SAJA. Sejak satu tahun lalu, PINGGUL IBUKU TERLUKA, (mungkin saja umumnya terlentang) Luka itu Buat lobang dipinggul sampai mengeluarkan Darah dan selanjutnya Bernanah dan Busuk. Luka itu mulai Melebar dan buat lobang sana sini Hingga luka itu tampak sangat kronis........Dan mengakibatkan " BAU BUSUK "

(Tidak perlu saya perlihatkan fotonya karena menjijikkan) Sepulang dari Malaysia saya berusaha Konsultasi dengan dokter tentang luka itu, Dan dokter berkata Bila sisi tubuh sudah mulai membusuk harus di POTONG supaya tidak melebar kemana-mana.

Saya Sudah cobalah bermacam-macam langkah,Tapi luka itu tidak kunjung pulih.Lalu ada Seseorang Rekan yang menyarankan untuk Minum REBUSAN DAUN TALOK / KERSEM,Yang memiliki nama Latin Muntingia Calabura L dan Saya putuskan untuk mencoba...

Awal minum Rebusan daun itu " IBUKU DEMAM "Dan Luka Mengeluarkan Nanah buanyakkkkkk, Hingga harus Saya Tukar Perban beberapa kali.Setelah dua hari Minum... Luka itu Tidak mengeluarkan Nanah lagi dan mulai keluar " Darah Merah " dan

Beberapa Hari setelah itu seperti ada daging yang tumbuh Menutupi luka. Luka itu mulai tambah baik, dan Tidak mengeluarkan Darah atau Nanah lagi,

Kurun Waktu sebulan... Luka mulai kering. Dan Luka Kecil mulai Tertutup, Luka besar mulai Menciut.

Hingga saat ini tetap masih saya minum kan.. tapi daunnya tidak saya rebus tapi saya keringkan dan saya seduh seperti buat teh hijau.

Satu gelas diminum 2 x satu hari.

Caranya :

1: Petik saja daun talok/kersen yang masih segar, lalu jemur di bawah sinar sampai kering.

2: Jika sudah kering, kita bisa menyeduh daun talok kering ini dengan air panas.

3: Biarkan sampai hangat baru diminum seduhan daun ini sebelum tidur.

4: Ampasnya bisa digunakan lagi untuk menyeduh dengan air panas baru besok paginya, lalu buang. Tapi kalau tidak sayang bisa sekali pakai saja.

5: Minumlah secara rutin hingga gula darah Anda normal kembali.

Jika Sudah Normal, tinggal menjaga saja agar tidak kumat lagi yah. Karena penyakit Diabetes ini hanya bisa dihindari dengan POLA HIDUP SEHAT.

Bahkan bisa menyerang di segala usia. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kiranya Informasi ini dapat" BERMANFAAT "

Tolong informasi ini Jangan Sampai Putus di tangan anda.

Tolong Bantu untuk Membagikan informasi ini Supaya Berguna Buat Saudara2 Kita yang SEDANG MEMBUTUHKANNYA."

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 4 halaman

3. Klaim Air Rebusan dari Ramuan Ini Mampu Sembuhkan Kanker

Pada 11 September 2020, seorang pengguna Facebook atas nama Sallysa mengunggah klaim obat rumahan yang mampu menyembuhkan penyakit kanker secara alami. Dalam unggahan itu, obat kanker ini sangat familiar di matas masyarakat Indonesia.

Beberapa bahan-bahan yang diklaim sebagai obat kanker adalah kunyit putih, jahe, temu ireng, gula batu hingga asam jawa. Begini narasinya:

"Berikut ini adalah obat kanker dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.Bahan-bahan:

1. 150 gr Kunyit Putih

2. 150 gr Kunyit Biasa

3. 250 gr Biang Kunyit

4. 25 gr Jahe Merah

5. 100gr Jahe

6. 125gr Temu Ireng

7. 125gr Temu Putih

8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)

9. 15-21lbr daun sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)

10. 30 gr Asem Jawa

11 Gula Batu (sesuai selera)

Cara buat obatnya:

1) Bersihkan, sikat, cuci, lalu dikeprek bahan-bahan segarnya

2) Rebus dgn 3.5L air dalam panci khusus utk masak jamu/obat cina/enamel

3) Sampai tinggal 2L air

4) Diminum pagi - siang - malam seperti jamu/air biasa, 2L jatah minum utk 2 harisimpan d kulkas

5) Kalau pancinya kecil boleh direbus dgn 2 L air sampai 1 L utk 2 x rebus

Semoga Bermanfaat buat kita semua.."

Baca selengkapnya di sini. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.