Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Poster Lowongan Kerja PT Pos Indonesia Ini untuk UPT Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (18/1/20210) di grup WhatsApp Pegiat Cek Fakta Liputan6.com Jawa Timur beredar sebuah poster dengan narasi lowongan kerja di PT Pos Indonesia (Persero).

Dari poster lowongan kerja itu, PT Pos Indonesia (Persero) mencari beberapa karyawan baru yang ahli dalam bidang marketing, customer service, account executive, dan tenaga pengantar.

Begini poster yang beredar:

 

Mereka pun menganggapnya kalau ini beredar di Jawa Timur. Mereka juga mempertanyakan kebenaran poster tersebut.

Lalu, benarkah poster lowongan kerja itu milik PT Pos Indonesia di Jawa Timur? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk mengetahui kebenaran poster lowongan kerja itu, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Public Relation PT Pos Indonesia (Persero), Riyan Hardiyana. Dia memastikan kalau kantor pusat PT Pos Indonesia tidak membuat lowongan kerja seperti itu.

"Kalau secara nasional, kami tidak ada, hanya khawatir ada penerimaan lokal di kantor pos di daerah," katanya pada Senin (18/1/2021).

Kemudian, Cek Fakta Liputan6.com memberi informasi kalau poster itu tersebar di Jawa Timur. Riyan pun menyarankan untuk menghubungi regional Jawa Timur.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Manajer Sekretariat Regional 7 Jawa Timur, Iwan Budi Santosa. Dia memastikan kalau itu bukan berada di Jawa Timur.

"Beberapa UPT (Unit Pelayanan Terpadu) membuka lowongan sebagai tenaga kemitraan. Untuk yang ini (poster) ada di kantor pos Tanjung Pandan, bisa dilihat dari scar QR code-nya," ucap Iwan.

"(Lowongan kerja seperti poster yang tersebar) tidak mesti setiap kantor ada," ujar Iwan menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Poster lowongan kerja PT Pos Indonesia (Persero) yang tersebar di grup WhatsApp bukan untuk Jawa Timur. Klaim ini merupakan informasi yang sebagian salah karena lowongan kerjanya UPT PT Pos Indonesia di Tanjung Pandan, Bangka Belitung.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: