Sukses

Mitos Kesehatan Sepekan: Kopi Sembuhkan Covid-19 hingga Yoghurt dan Pisang Mengandung Racun

Beberapa kabar hoaks dan mitos kesehatan masih bermunculan di media sosial. Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya mitos kesehatantentang kopi yang bisa mencegah dan menyembuhkan virus corona covid-19. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah @kolaboraa. Akun tersebut mempostingnya pada Jumat (4/12/2020).

Berikut isi postingannya:

"Kopi Jadi Kandidat Obat Covid 19? Ada yang baru - baru ini viral nih di twitter. Tweet dari dr. Gia Pratama yang mengatakan bahwa kopi dalam dosis tertentu berpotensi mencegah Covid dengan cara menghambat proteasenya Virus Corona menempel pada sel kita. Penasaran? Cek post kita!"

Sebelumnya pada Kamis (3/12/2020), postingan tersebut juga viral di media sosial setelah diunggah akun @GiaPratama MD. Bahkan postingan tersebut mendapat lebih dari dua retweets dan lebih dari 5.800 likes.

Berikut isi postingannya:

"Kabar gembira. Kopi dalam dosis tertentu berpotensi mencegah Covid dengan cara menghambat proteasenya Virus Corona menempel pada sel kita. -Journal

Namun setelah ditelusuri, postingan yang mengklaim kopi bisa mencegah dan menyembuhkan covid-19 adalah tidak benar. Faktanya hingga saat ini belum ada obat maupun vaksin yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Selain klaim tentang entang kopi yang bisa mencegah dan menyembuhkan virus corona covid-19, terdapat beberapa mitos kesehatan lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Buah Kesemek, Yoghurt, dan Pisang Bersamaan Bisa Bahaya Bagi Tubuh

Beredar informasi yang menyebutkan kalau makan buah kesemek dilanjutkan dengan yoghurt dan pisang akan menimbulkan racun. Diklaim juga, racun ini akan membuat seorang manusia meninggal dunia.

Salah satu, akun yang mengunggah klaim makan buah kesemek dilanjutkan dengan yoghurt dan pisang akan menimbulkan racun adalah Renu Kids. Dia mengunggah klaim itu pada 29 November 2020.

Begini narasi yang dia buat menggunakan Bahasa Thailand, yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi:

"Tolong dengarkan baik-baik dan beri tahu semua orang di rumah Anda, ini adalah musim kesemek saat ini. Jangan minum yoghurt dan makan pisang setelah makan kesemek karena beracun. Ini mengikuti berita bahwa seorang anak laki-laki meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit."

Setelah ditelusuri, klaim makan buah kesemek dilanjutkan dengan minum susu asam (yoghurt) dan pisang akan menimbulkan racun merupakan informasi yang salah. Faktanya, ketiga makanan itu bisa memperbaiki sistem pencernaan manusia.

Selengkapnya bisa dilihat di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.