Sukses

Mitos Kesehatan Sepekan: Nasi Beracun hingga Tempurung Kelapa Bisa Sembuhkan Gigi Berlubang

Beberapa kabar hoaks seputar kesehatan masih bermunculan di media sosial. Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya klaim tentang nasi yang dipanaskan dalam rice cooker selama 12 jam berbahaya untuk dikonsumsi alias beracun.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah klaim tersebut adalah Sundary Risaa. Begini narasi yang dia buat:

"Belajar makan nasi dingin. Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun."

Bahkan, di postingan warga Facebook lainnya, makan nasi yang dipanaskan selama 12 jam, diklaim bisa mengakibatkan penyakit berbahaya, seperti kanker, tumor, diabetes, hingga kista.

Namun setelah ditelusuri, klaim yang menyebut memakan nasi yang dipanaskan dalam rice cooker berbahaya untuk dikonsumsi bisa disimpulkan hoaks. Sebab, tidak ada data penelitian yang membenarkan klaim tersebut.

Selain klaim tentang nasi dipanaskan dalam rice cooker selama 12 jam berbahaya untuk dikonsumsi, terdapat beberapa mitos kesehatan lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perisa Vanili Bisa Redakan Sakit Gigi Secara Permanen

Klaim mengurangi sakit gigi banyak beredar di media sosial yang masih belum jelas sumber dan kebenarannya.

Salah satu klaim mengurangi sakit akibat gigi berlubang menggunakan bahan membuat kue yaitu perisa vanili. Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Mae Minten Haha Hihi pada 18 November 2020.

Berikut narasinya:

"Bismillahirrohmaanirrohiim..

Aku mau share sedikit ilmu nih buat yang punya masalah denga gigi berlubang dan sering sakit gigi, berawal dari suami yang suka sakit gigi, minum obat sakit gigi cuma sebentar ngilangin rasa sakit nya, setelah itu kambuh lagi .

Kasian liat nya juga kebetulan ada yang service kaca mata dateng kerumah dari situ lah di kasih tau kalo Vanilly bubuk yang buat campuran bikin kue itu , bisa atasi sakit gigi berlubang dan Insya Allah gak akan kambuh lagi.

Cuss lah langsung di coba

👉ambil sedikit kapas kecantikan lalu taburi dengan vanilly bubuk secukup nyaTambal ke gigi yang berlubang yang sedang sakit

Dann Alhamdulillah..

Seketika gigi yang sedang sakit2 nya langsung reda dan gak kambuh lagi.

Selamat mencoba.

semoga bermanfaat 🙏🙏," tulis akun Facebook Mae Minten Haha Hihi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mae Minten Haha Hihi telah 85 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim perisa vanili bisa menyembuhkan gigi berlubang secara permanen ternyata tidak terbukti.

Dokter gigi, Callista Argentina menyebut langkah tersebut tidak efektif untuk meredakan sakit gigi secara permanen. Konten yang disebarkan akun Facebook Mae Minten Haha Hihi masuk kategori sebagian salah.

 

 

3 dari 6 halaman

Makan Buah Saat Perut Kosong Mampu Sembuhkan Kanker

Di media sosial, Facebook, beredar klaim yang menyebut makan buah saat perut kosong mampu menyembuhkan penyakit kanker. Disebutkan pula, tingkat keberhasilannya mencapai 80 persen.

Salah satu akun yang mengunggah klaim makan buah saat perut kosong bisa menyembuhkan kanker adalah Rustam Athiam. Akun ini juga membagikan postingan yang menyebut pasien kanker punya peluang lebih besar untuk hidup lebih lama.

Begini narasinya:

"*MAKAN BUAH SAAT PERUT KOSONG*

Dokter STEPHEN MAK merawat pasien kanker stadium akhir dengan cara unik. Banyak pasiennya sembuh. "Ini merupakan strategi saya untuk menyembuhkan kanker. Tingkat keberhasilannya 80 persen," tegas Mak.

Pasien kanker seharusnya tidak mati. Terapi anti kanker sudah ditemukan yakni makanlah buah-buahan saat perut kosong atau sangat lapar. "Saya mohon maaf kepada ratusan pasien kanker yang telah meninggal akibat pengobatan konvensional," pungkasnya."

Setelah ditelusuri, klaim yang menyebut makan buah saat perut kosong bisa menyembuhkan kanker merupakan informasi yang salah karena tidak ada bukti yang kuat.

 

 

4 dari 6 halaman

Radiasi Layar Handphone Bisa Sebabkan Mata Berdarah

Klaim tentang radiasi layar handphone bisa menyebabkan mata berdarah beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Mur Dianto pada 28 Oktober 2020.

Akun Facebook Mur Dianto mengunggah foto bocah laki-laki yang matanya mengeluarkan cairan mirip darah.

Akun Facebook Mur Dianto menyebut bahwa bocah laki-laki tersebut mengalami pendarahan pada matanya karena radiasi layar handphone.

"lur yang punya anak hati hati.jangan sering2 dikasih hp.ini kejadianya matanya keluar darah radiasi hp.jaga anak anak kalian.kalau sudah begini gimana.lurr??," tulis akun Facebook Mur Dianto.

Konten yang disebarkan akun Facabook Mur Dianto telah 3.100 kali dibagikan dan mendapat 108 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim tentang radiasi layar handphone bisa menyebabkan mata berdarah ternyata tidak benar.

Dokter Spesialis Mata Konsultan, dr Gitalisa Andayani, Sp.M (K) menyebut sinar handphone tidak membahayakan bagi kornea dan lensa mata, apalagi hingga membuat mata berdarah. Konten yang disebarkan akun Facebook Mur Dianto masuk kategori palsu.

 

 

5 dari 6 halaman

Flourida di Pasta Gigi Bisa Sebabkan Kanker Tulang

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang mengklaim flourida, sebuah zat yang berada di pasta gigi bisa menyebabkan kanker tulang ganas bernama osteosarcoma.

Beberapa pengguna media sosial di Facebook menyebut klaim flourida yang berada di pasta gigi sangat berbahaya berasal dari penelitian di Harvard University. Begini narasinya yang berada di akun Facebook Iiz Sumiyati:

"Fluoride, adalah satu kata yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi zat ini terdapat dalam pasta gigi (odol) yang pastinya dalam sehari dapat kita pakai lebih dari sekali.

Malah secara umum dipersepsikan orang sebagai zat ampuh untuk memperkuat tulang gigi. Sebab itu, zat ini banyak disisipkan di dalam pasta gigi. Bahkan 66% cadangan air minum warga AS telah dicampuri zat ini secara sengaja.

Namun, Fluoride yang selalu di gembar-gemborkan baik untuk gigi tersebut ternyata terbukti menunjukkan fakta yang sebaliknya yakni, Fluoride sangatlah berbahaya.

Menurut The National Toxicology Program (NTP) dan berbagai penelitian termasuk dari Harvard University pada hewan dan manusia, Fluoride diduga meningkatkan kemungkinan terkena Osteosarcoma, suatu kanker tulang ganas yang sangat mematikan.

Resiko ini paling besar dimiliki oleh mereka yang berumur 10-20 tahun. Bila terkena Osteosarcoma, lebih dari setengah pasien hanya bertahan hidup selama beberapa tahun setelah penyakitnya ditemukan."

Klaim yang menyebut flourida, sebuah zat yang berada di pasta gigi bisa menyebabkan kanker tulang ganas bernama osteosarcoma adalah hoaks karena tidak ada bukti yang kuat.

Faktanya, para peneliti, termasuk WHO, sudah mengumumkan kalau flourida bukan faktor yang menyebabkan kanker tulang osteosarcoma.

 

 

6 dari 6 halaman

Tempurung Kelapa Bisa Sembuhkan Gigi Berlubang

Klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Topik Kesehatan pada 17 November 2020.

Akun Facebook Topik Kesehatan mengunggah narasi berisi tata cara mengolah tempurung kelapa untuk dijadikan obat menyembuhkan gigi berlubang. Berikut narasinya:

"OBAT SAKIT GIGI BERLOBANG ANTI KAMBUH

BAHAN

Tempurung kelapa secukupnya.

Kapas secukupnya.

Tusuk gigi atau lidi yg bersih.

Wadah tahan panas satu pasang.

CARA MEMBUAT DAN APLIKASI

Lilitkan kapas di ujung lidi.

Bakar tempurung kelapa sampai terbakar hampir sempurna.

Ambil tempurung kelapa yg sudah hampir jadi arang dgn benda tahan panas atau penjepit, letakkan dalam wadah tahan panas lalu tutup segera dengan wadah tahan panas lain untuk mengurung asapnya.Tunggu beberapa saat lalu buka penutupnya, akan terlihat WOOD VINEGAR berupa ter berwarna coklat melengket di penutup wadah.

Segera ambil wood vinager dengan kapas yg telah disiapkan sebelum membeku atau mengeras.

Sumbat gigi yg sakit/berlubang dengan kapas yg telah diolesi wood vinager.

Jangan lupa berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

SEMOGA BERMANFAAT🙏🙏🙏," tulis akun Facebook Topik Kesehatan.

Konten yang disebarkan akun Facebook Topik Kesehatan telah 922 kali dibagikan dan mendapat 27 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang ternyata tidak terbukti. Dokter gigi, Callista Argentina menjelaskan tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Konten tersebut masuk dalam kategori palsu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.