Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Hari Pertama Gedung Putih Jelang Pergantian Presiden AS

Salah satu akun Facebook yang mengunggah video dengan klaim suasana Gedung Putih jelang pergantian Presiden AS adalah Nalluri Murali Krishna.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video dibagikan sebanyak ratusan kali di media sosial, Facebook. Video itu diklaim sebagai suasana Gedung Putih jelang pergantian Presiden AS (Amerika Serikat) dari Donald Trump ke Joe Biden.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah video dengan klaim suasana Gedung Putih jelang pergantian Presiden AS adalah Nalluri Murali Krishna.

Begini narasinya:

"Hari pertama Gedung Putih sebelum memasuki Presden Baru AS. Mereka melakukan Sloka India yang menyerukan Yang Mahakuasa dari UNIVERS untuk hal baik di negaranya."

Video tersebut berdurasi 2 menit 56 detik. Dalam video, beberapa orang terlihat seperti berpuisi dalam bentuk slokas, bahasa Sansekerta di agama Hindu.

Lalu, benarkah klaim video tersebut?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google Search dengan kata kunci: "A ceremony at the White House in America".

Hasil penelusuran mengarahkan ke akun Facebook bernama Giridhar Talla yang mendapat centang biru atau terverifikasi. Dia mengunggah video, seperti yang diklaim, untuk pertama kali di Facebook pada 15 Oktober 2014. Untuk keterangan video, dia memberikan narasi sebagai berikut:

"Nyanyian Rudram di Gedung Putih oleh duo Amerika, Jeffrey Erhard dan Robbie Erhard, memulai Konferensi Komunitas Seva Hindu Amerika tahunan yang keempat dengan anivakam pertama dari Sri Rudram Nakaham.

Merayakan ulang tahun ke-145 Mahatma Gandhi di Gedung Putih pada 2 Oktober 2014. Ini adalah konferensi tahunan keempat Komunitas Hindu Amerika Seva."

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul: "This clip actually shows a 2014 White House event marking Gandhi’s birthday". Artikel itu dipublikasikan pada 2 Desember 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan kalau video itu aslinya merupakan perayaan ulang tahun ke-145 Mahatma Gandhi di Gedung Putih. Video itu dibuat pada Oktober 2014. Dalam penjelasan AFP Fact Check, Mahatma Gandhi adalah ikon kemerdekaan India, yang dibunuh di New Delhi pada tahun 1948.

Acara tersebut juga dilaporkan oleh outlet berita AS, HuffPost pada bulan Oktober 2014.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim video yang menyebut suasana Gedung Putih jelang pergantian Presiden AS adalah salah. Sebab, itu merupakan video perayaan ulang tahun Mahatma Gandhi pada Oktober 2014.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.