Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Adanya Rekrutmen PT PLN Tes di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga Indonesia heboh dengan panggilan kerja dari PT PLN (Perusahaan Listrik Negara). Namun, lokasi tesnya di Yogyakrta, jauh dari tempat mereka tinggal.

Orang-orang yang mendapat panggilan kerja dari PT PLN itu mengunggah email berupa surat resmi dari perusahaan listrik tersebut. Disebutkan kalau mereka harus mengikuti tes yang berlokasi di Yogyakarta.

Begini narasi surat panggilan kerja dari PT PLN dengan lokasi tes di Yogyakarta:

"UNDANGAN PANGGILAN TES REKRUTMEN UMUM PT PLN (PERSERO)

TINGKAT SMA/SMK – S1 TAHUN 2020

LOKASI YOGYAKARTA

Kepada Yth.

Peserta Tes

Di Tempat

Bersama undangan ini, Anda dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi dan berhak mengikuti Tes Lokasi Kota Yogyakarta.

Adapun Tes, akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Jumat, 26 November 2020 s/d Sabtu, 27 November 2020

Tempat: Kantor PLN Yogyakarta

Alamat: Kantor PLN Yogyakarta

Waktu: 10.00 WIB – Selesai"

Dalam surat tersebut, peserta harus mengikuti tes selama dua hari di Yogyakarta. Surat itu tertanggal 24 November 2020.

Lalu, benarkah klaim tersebut benar-benar dari PT PLN?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya di situs resmi PT PLN, rekrutmen.pln.co.id. Pada situs tersebut, PT PLN tidak melakukan pemanggilan kerja dengan tes di Yogyakarta pada tanggal 26 hingga 27 November 2020.

Dari situs tersebut PT PLN Yogyakarta terakhir kali membuka lowongan pekerjaan pada September 2019. Hingga saat ini, PT PLN belum membuka lowongan pekerjaan dengan tes di Yogyakarta.

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com juga menghubungi Senior Relationship Manager PLN Group, Agung Murdifi. Dia pun membantah klaim tersebut.

"Apa surat ini dari website PLN?," katanya dan memastikan kalau pengumuman resmi rekrutmen hanya bisa dipastikan melalui website resmi PLN.

PT PLN melalui situs resminya, memastikan pengumuman dan pendaftaran resmi rekrutmen hanya melalui website rekrutmen.pln.co.id. Sedangkan untuk penyampaian informasi rekrutmen, PLN hanya menggunakan akun email rekrutmen@pln.co.id. Adupun informasi lainnya mengenai PLN dapat diakses di www.pln.co.id.

Cek Fakta Liputan6.com juga pernah membuat bantahan soal informasi rekrutmen pegawan PLN di tahun 2020. Untuk membaca artikelnya, klik tautan ini.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim surat panggilan kerja dari PT PLN dengan lokasi tes di Yogyakarta pada 26 hingga 27 November 2020 dipastikan hoaks.

PT PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: