Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pelawak Sule Adakan Kuis Berhadiah Rp 100 Juta di Facebook

Disebutkan kalau pelawak Sule bakal membagikan sejumlah uang dengan total Rp 100 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang sedang viral. Disebutkan kalau pelawak Sule bagi-bagi uang sebagai bentuk rasa syukur setelah meminang Nathalie Holscher, beberapa waktu lalu.

Akun Facebook atas nama Sulee Quizz adalah yang mengunggah klaim ini. Disebutkan kalau Sule bakal membagikan sejumlah uang dengan total Rp 100 juta.

Dalam postingan Sule bagi-bagi uang ada sebuah link yang mengarah ke situs Web.WhatsApp dengan nomor tidak jelas. Begini narasinya:

"SAYA KASIH UANG 100 JUTA

🔴Spam P5x 20 JUTA

P20× 100 JUTA

🔴SHARE KE 5 GRUP✅

BAGI YANG SUDAH SILAHKAN HUBUNGI

WATSHAP KAMI"

Dalam unggahannya itu, pemilik akun Sulee Quizz juga mengunggah foto yang diklaim sebagai bukti transfer kepada pemenang, dengan hadiah Rp 20 juta.

Postingan itu berada di Facebook pada 20 November 2020. Hingga saat ini, unggahan itu sudah mendapat 4 ribu komentar dan dibagikan hingga 479 kali.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk memastikan klaim itu benar atau tidak, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa akun media sosial milik Sule. Dari Instagram Sule yang memiliki centang biru atau terverifikasi, pria berusia 44 tahun itu membantah kuis tersebut.

Bantahan itu berada di Insta Story akun Instagram milik Sule. Begini bantahannya:

"Kang @ferdinand_sule dan @nathalieolscher tidak ada mengadakan quis ini ya guys. Ini hoaks."

Data dari Fact Checking Facebook, unggahan soal kuis berhadiah Rp 100 juta dari Sule sudah dilihat sebanyak 133,1 ribu kali di situs besutan Mark Zuckerberg.

Hoaks bagi-bagi uang di Facebook mencatut nama artis juga pernah menimpa Baim Wong. Untuk melihat beritanya, klik tautan ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Sule membuat kuis berhadiah ratusan juta rupiah adalah informasi yang hoaks karena tidak ada faktanya. Sule telah mengonfirmasi, dia tidak mengadakan kuis melalui Facebook.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.