Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Visa Umroh untuk Jemaah Indonesia Ditutup Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang visa umroh untuk jemaah Indonesia ditutup sementara beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Naffa Tour and Travel pada 8 November 2020.

Akun Facebook Naffa Tour and Travel mengunggah narasi berisi informasi penutupan sementara visa umroh untuk jemaah Indonesia oleh Kerajaan Arab Saudi.

"Meeting kementerian haji dan umroh saudi tadi malam

Visa Umroh ditutup semenatara hingga ada update peraturan umroh yg baru, semua travel agent saudi akan mengadu ke Raja Salman mengenai kerugian materi akibat dari peraturan ini..Begitu hasil sidang dengan menteri saudi tadi malam.

Bukan hoak lagi ya berita visa di tutup..," tulis akun Facebook Naffa Tour and Travel.

Konten yang disebarkan akun Facebook Naffa Tour and Travel telah 46 kali dibagikan dan mendapat 35 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang visa umroh untuk jemaah Indonesia ditutup sementara. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "visa umroh ditutup sementara".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Menag: Penutupan Umrah untuk Jemaah Indonesia Hoaks" yang dimuat situs Liputan6.com pada Rabu 18 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah kabar mengenai adanya kebijakan penutupan visa umrah untuk jemaah Indonesia oleh Kerajaan Arab Saudi, akibat temuan kasus Covid-19.

"Soal umrah ditutup, Insyaallah sejauh ini hanya hoaks saja," kata Fachrul di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (18/11/2020).

Fachrul memastikan gelombang II jamaah umrah Indonesia akan berangkat pada 22 November 2020 nanti.

"Yang jelas insyaallah tanggal 22 November ini ada masuk gelombang kedua, akan berangkat ya,"ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyambut baik kabar tidak adanya larangan umrah bagi Indonesia.

"Alhamdulliah,” katanya.

Diketahui, belakangan beredar informasi adanya larangan jamaah umroh dari Indonesia. Pemberitaan penutupan visa umroh dari Arab Saudi disebut karena adanya 13 orang jamaah Indonesia terpapar Covid-19.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang visa umroh untuk jemaah Indonesia ditutup sementara ternyata tidak benar. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah kabar mengenai adanya kebijakan penutupan visa umrah untuk jemaah Indonesia oleh Kerajaan Arab Saudi, akibat temuan kasus Covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.