Sukses

Video Hoaks Sepekan: Plaza Indonesia Kebakaran hingga Rumah Puan Maharani Dibakar

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk video.

Misalnya saja video yang diklaim Plaza Indonesia kebakaran saat demonstrasi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Klaim Plaza Indonesia kebakaran saat demonstrasi menolak UU Omnibus Law dibagikan berantai di aplikasi pecakapan WhatsApp.

Video tersebut diberi keterangan "Plaza Indonesia kebakaran"

Video yang dibagikan menampilkan kepulan asap hitam di balik sebuah bangunan bertulisan Plaza Indonesia, bersamaan dengan itu juga terlihat sejumlah orang mengenakan almamater biru sedang berkumpul dan kemudian berlari ketika mendengar suara letusan.

Namun setelah ditelusuri, klaim Plaza Indonesia kebakaran saat demonstrasi menolak UU Omnibus Law tidak benar.

Kepulan asap hitam terlihat dalam video berasal dari halte TransJakarta yang dibakar saat demonstrasi menolak UU Omnibus Law 8 Oktober 2020.

Selain video yang diklaim Plaza Indonesia kebakaran, terdapat beberapa video lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut penelusurannya.

 

2 dari 4 halaman

Video Banjir di Bandara Internasional India

Di media sosial, Facebook, beredar sebuah video yang menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir akibat hujan lebat yang turun sepanjang bulan Oktober 2020.

Adalah pemilik akun Facebook atas nama Gulbarga ka culture yang mengunggah video Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir. Dia pun memberikan narasi seperti ini:

Ini adalah bandara internasional Hyderabad atau Rajiv Gandhi."

Sejak diunggah ke Facebook pada 15 Oktober 2020, video tersebut mendapat 27 like dan dibagikan hingga enam kali oleh pengguna media sosial lainnya.

Setelah ditelusuri, informasi yang menyebut video Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir adalah salah. Faktanya, video tersebut merupakan musibah banjir di Bandara Internasional Meksiko City pada 31 Agustus 2017.

 

3 dari 4 halaman

Video Rumah Puan Maharani Dibakar Mahasiswa

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi rumah Ketua DPR Puan Maharani dibakar mahasiswa. Informasi rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa diunggah akun Facebook Muhammad Jusuf Sirait, pada 8 Oktober 2020.

Unggahan tersbut berupa tautan YouTube berjudul "Diduga pendemo bakar rumah puan maharani". Dalam video tersebut menayangkan sejumlah orang menyerang sebuah bangunan dan terlihat konaram api di area bangunan tersebut.

Unggahan tautan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Adek adek mahasiswa ini bener2 nekad, diduga rumah puan yg dibakar...

Gawat adek adek mahasiswa ini. Hati hati kawan2 DPR"

Setelah ditelusuri hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim rumah Puan Maharani dibakar mahasiswa tidak benar.

Bangunan yang diserang dan dibakar tersebut bukan rumah Puan Maharani, tetapi kantor DPRD Kota Malang.

 

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut ini: