Sukses

Cek Fakta: Video Ini Bukan Menggambarkan Banjir di Bandara Internasional India

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial, Facebook, beredar sebuah video yang menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir akibat hujan lebat yang turun sepanjang bulan Oktober 2020.

Adalah pemilik akun Facebook atas nama Gulbarga ka culture yang mengunggah video Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir. Dia pun memberikan narasi seperti ini:

"Ini adalah bandara internasional Hyderabad atau Rajiv Gandhi."

Sejak diunggah ke Facebook pada 15 Oktober 2020, video tersebut mendapat 27 like dan dibagikan hingga enam kali oleh pengguna media sosial lainnya.

Lalu benarkah video itu menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk mengetahui video itu asli atau tidak, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan memasukkannya ke pencarian terbalik, Goggle Image. Hasil penelusuran mengatakan kalau video tersebut bukan hasil manipulasi.

Namun video tersebut bukan menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir pada bulan Oktober 2020. Video tersebut sudah berada di Twitter website berita Meksiko, Reporte Indigo sejak 31 Agustus 2017.

Begini narasi yang dibuat akun Twitter Rerporte Indigo untuk video tersebut:

"Jadi ini adalah Bandara Internasional Meksiko City sore ini, layanan ditangguhkan dari jam 18.40".

Pada hari yang sama, Twitter Bandara Internasional Meksiko City juga menjelaskan situasi genangan air yang berada di wilayah mereka dengan narasi sebagai berikut:

"Demi keselamatan dan karena kondisi cuaca, operasi pendaratan dan lepas landas dihentikan sementara."

Hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul: "This clip has circulated in reports since 2017 about flooding at an airport in Mexico". Artikel itu dipublikasikan pada 22 Oktober 2020.

Artikel tersebut mengambil bantahan resmi dari Bandara Internasional Rajiv Gandhi yang dikeluarkan pada 15 Oktober 2020. Pihak bandara menyebut video itu palsu.

"Banyak video palsu tentang genangan air di RGIA sedang beredar. Mohon diperhatikan kalau operasi di bandara in normal. Bandara ini sangat aman untuk terbang. Anda bisa menghubungi bagian informasi kami atau kirim pesan di platform media sosial untuk mendapatkan bantuan," begitu bunyi pernyataan resmi Bandara Internasional Rajiv Gandhi.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut video Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir adalah salah. Faktanya, video tersebut merupakan musibah banjir di Bandara Internasional Meksiko City pada 31 Agustus 2017.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.