Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Nomor Seri Kapal Selam Ini Dijadikan Pemenang Lotre di Asia Tenggara

Pada 1 September 2020, nomor pemenang untuk hadiah pertama lotre nasional di Thailand adalah 999997.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial, khususnya Facebook, sedang membicarakan hasil undian lotre di kawasan Asia Tenggara. Disebutkan, angka yang keluar dari pemenang lotre di Thailand merupakan nomor seri dari sebuah kapal selam.

Pada 1 September 2020, nomor pemenang untuk hadiah pertama lotre nasional di Thailand adalah 999997. Warganet langsung heboh setelah mengetahui ada sebuah foto kapal selam dengan nomor tersebut.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan empat akun di Facebook yang menyebut nomor seri kapal selam sudah dijadikan angka lotre di Thailand.

Berikut ini salah satu narasi di Facebook yang menyebut nomor seri kapal selam sebagai pemenang lotre di Thailand:

"Dari sinilah pemenang lotre berasal. Nomor pemenang sebelumnya ditemukan di mobil Perdana Menteri, dan kali ini ada di kapal selam".

Lalu, benarkah nomor seri kapal selam berwarna hitam itu dijadikan sebagai angka yang memenangkan lotre di Thailand?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran tersebut. Tim memasukkan foto kapal selam berwarna hitam itu ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasilnya, tim menemukan foto kapal selam yang sama. Penelusuran mengarahkan ke artikel di situs armscom.com. Disebutkan kapal selam berwarna hitam itu milik Angkatan Laut Singapura.

Di foto aslinya, kapal selam itu tidak ada nomor seri yang disebutkan oleh netizen sebagai angka pemenang lotre di Thailand. Pada 18 Februari lalu, Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Hen menamai kapal selam itu dengan nama Invincible.

"Kapal selam baru ini merupakan produk yang mendalam dari Jerman dan Singapura. Ini merupakan bukti hubungan pertahanan kita dengan Jerman yang sangat hangat dan terus berkembang," katanya.

Tim juga menemukan artikel lain yang menyebut kapal selam itu tidak memiliki seri. Bantahan itu ada di artikel AFP yang tayang pada 3 September 2020 dengan judul: 'This photo of a Singaporean submarine has been doctored to include winning Thai lottery numbers'.

Dalam artikelnya itu, AFP menyebut kapal selam itu milik Angkatan Laut Singapura yang sudah dijadikan hoaks. Foto hoaks itu disebutkan AFP masuk ke Facebook sejak 1 September 2020.

Berikut ini perbandingan antara foto yang diedit (atas) dengan yang asli (bawah).

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut nomor seri kapal selam sudah dijadikan pemenang lotre di Thailand adalah hoaks. Aslinya, kapal selam itu milik Angkatan Laut Singapura tanpa nomor seri.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.