Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Dunia Terkejut Prabowo Akan Jadi Wakil Presiden RI

Akun Facebook yang menggunggah video Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI adalah Sarjana Militer. Video itu diunggah pada Selasa (19/8/2020) pukul 06.10 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui pencarian Crowd Tangle pada Rabu (19/8/2020), dengan kata kunci Prabowo, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah akun Facebook yang menyebut Prabowo Subianto bakal menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia (RI).

Akun Facebook yang menggunggah video Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI adalah Sarjana Militer. Video itu diunggah pada Selasa (19/8/2020) pukul 06.10 WIB.

Begini narasi yang dijadikan judul oleh Sarjana Militer:

"DUNI4 TERKEJUT !! PRABOWO RESMI AKAN JDI W4K1L PRESIDEN INDONESIA.."

Video itu sedang viral setelah mendapat 455 respons, 120 komentar, dan dibagikan lebih dari 100 kali oleh warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkan Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenarannya dengan menonton video tersebut sampai habis. Video itu mempunyai durasi 12 menit dan 17 detik.

Sayangnya, hingga video berakhir, tidak ada pernyataan resmi dari pihak Istana Negara yang menyatakan Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI, menggantikan Ma'ruf Amin.

Video tersebut isinya hanya kumpulan pidato beberapa tokoh. Para tokoh yang berpidato di video tersebut antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Isi pidato mereka juga tidak membahas Prabowo membuat dunia terkejut dengan menjadi Wakil Presiden RI.

Namun, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan fakta menarik. Tim menemukan pidato Prabowo di video unggahan Sarjana Militer.

Dalam pidatonya, Prabowo tidak membahas dirinya bakal naik jabatan dari Menteri Pertahanan menjadi Wakil Presiden RI. Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan pidato Prabowo itu di Instagram Kementerian Pertahanan, @kemhanri.

Dalam videonya di Instagram Kemenhan, Prabowo menyampaikan ucapan HUT ke-75 RI, sesuai kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video dengan narasi Dunia Terkejut, Prabowo Bakal Resmi Menjadi Wakil Presiden RI adalah salah. Faktanya, di video tersebut tidak ada pernyataan resmi yang menyebut Prabowo bakal menggantikan posisi Ma'ruf Amin. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.