Sukses

Kumpulan Video Hoaks Sepekan: Salat Subuh di Hagia Sophia hingga Parade Pengamanan Haji

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kabar hoaks telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com selama sepekan. Dari beberapa kabar hoaks itu beredar lewat video.

Satu di antaranya video suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki. Video tersebut diunggah Sahabat Muslim Nusantara pada 19 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu merekam kegiatan puluha orang yang tengah salat di ruas jalan. Video itu diambil pada malam hari.

Akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara mengaitkan video tersebut dengan suasana salat berjamaah di Hagia Sophia, Turki.

"Suasana khidmat shalat subuh di masjid Hagia Sophia...," tulis akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara .

Video yang disebarkan akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara telah ditonton 365 kali dan mendapat beberapa komentar warganet.

Namun, setelah ditelusuri video yang diklaim suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki ternyata tidak sepenuhnya benar. video dan narasi yang diunggah akun Facebook Sahabat Muslim Nusantara tidak ada hubungannya dengan salat berjamaah di Masjid Hagia Sophia.

Video itu diambil pada 2014, jauh sebelum Hagia Sophia berubah status sebagai masjid.

Selain video suasana salat subuh berjamaah di Hagia Sophia, Turki ada beberapa video hoaks lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya:

 

2 dari 5 halaman

Tidak Benar Video Pesawat Tempur Israel Meledak di Langit Palestina

Sebuah video yang diklaim sebagai pesawat tempur Israel meledak di langit Palestina beredar di media sosial. Video ini diunggah akun Facebook Video viral pada 21 Juli 2020.

Akun Facebook Video viral mengunggah video berisi rekaman sebuah benda yang jatuh dari langit. Benda tersebut tampak mengeluarkan api dan asap hitam sebelum jatuh ke tanah.

Akun Facebook Video viral kemudian mengaitkan video tersebut dengan insiden jatuhnya pesawat tempur Israel di Palestina.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai pesawat tempur Israel meledak di atas langit Palestina ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan insiden penembakan helikopter militer milik Mesir oleh militan yang didukung ISIS. Peristiwa itu terjadi di Semenanjung Sinai, Mesir pada Januari 2014 silam.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Benar Lion Air Bubar dan Lakukan PHK 3 Ribu Karyawan

Kabar tentang maskapai penerbangan Lion Air bubar dan memberhentikan 3 ribu karyawan beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Bang Daka Chanel pada 26 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak sejumlah karyawan saling berpelukan dan menangis. Dalam video tersebut juga terdapat narasi sebagai berikut: LION AIR Bubar 3000 KARYAWAN LION AIR RESMI DI PHK.

Kesimpulan:

Kabar tentang maskapai penerbangan Lion Air bubar dan memberhentikan 3 ribu karyawan ternyata tidak benar. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya bukan melakukan PHK melainkan tidak memperpanjang masa kontrak kerja berakhir terhadap kurang lebih 2.600 karyawan.

Lion Air Group kini memberikan kesempatan kepada 2.600 karyawan yang sebelumnya tidak diperpanjang kontraknya untuk kembali bergabung ke maskapai.

 

4 dari 5 halaman

Video Parade Pengamanan Ibadah Haji 2020

Sebuah video yang diklaim parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2020 beredar di media sosial. Video ini disebarkan akun Facebook Zaydil pada 20 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 9 menit 7 detik itu, merekam parade pasukan tentara sebuah negara. Selain parade pasukan, parade itu juga memamerkan sejumlah alat utama sistem senjata (Alutsista) dan juga kendaraan taktis.

Akun Facebook Zaydil kemudian mengaitkan video tersebut dengan parade pasukan Arab Saudi untuk mengamankan ibadah haji tahun 2020.

Kesimpulan:

Video yang diklaim parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2020 ternyata tidak benar. Video tersebut adalah video parade militer Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2017. Video serupa diunggah Channel YouTube Ruslan Trad pada 11 September 2017 silam.

 

5 dari 5 halaman

Simak video pilihan berikut ini: