Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Video Parade Pengamanan Ibadah Haji 2020

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2020 beredar di media sosial. Video ini disebarkan akun Facebook Zaydil pada 20 Juli 2020.

Dalam video berdurasi 9 menit 7 detik itu, merekam parade pasukan tentara sebuah negara. Selain parade pasukan, parade itu juga memamerkan sejumlah alat utama sistem senjata (Alutsista) dan juga kendaraan taktis.

Akun Facebook Zaydil kemudian mengaitkan video tersebut dengan parade pasukan Arab Saudi untuk mengamankan ibadah haji tahun 2020.

"Parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan Haji tahun ini," tulis akun Facebook Zaydil.

Video yang diunggah akun Facebook Zaydil telah 37 kali ditonton oleh warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2020. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat video yang diunggah Channel YouTube Ruslan Trad pada 11 September 2017 silam. Video berdurasi 9 menit 7 detik itu bertajuk Hajj military parade - Mecca, Saudi Arabia 2017.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Ruslan Trad

Channel YouTube Ruslan Trad juga memberikan keterangan dalam video yang diunggahnya tersebut.

"A military parade of security forces that will ensure safety during the hajj pilgrimage, is held in Mecca in the presence of the Saudi crown prince Mohammed bin Salman. (23.08.2017)," tulis Channel YouTube Ruslan Trad.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim parade pasukan keamanan Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2020 ternyata tidak benar. Video tersebut adalah video parade militer Arab Saudi untuk pengamanan haji tahun 2017. Video serupa diunggah Channel YouTube Ruslan Trad pada 11 September 2017 silam.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.