Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Bocah Minta Vladimir Putin Kirim Rudal ke Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pengguna Facebook yang menggunakan akun Yanne Ratih mengunggah sebuah foto anak kecil meminta Presiden Rusia, Vladimir Putin mengirim rudal ke Gedung DPR. Unggahan itu dikirimnya ke Grup Aline Yoana Tan Fans pada Selasa (28/7/2020).

Begini narasi lengkap bocah minta tolong ke Vladimir Putin yang ada di foto tersebut:

"Pak Putin Tolong kirim rudal ke gedung DPR kami."

Foto bocah minta tolong kepada Vladimir Putin mendapat banyak atensi dari pengguna Facebook. Foto tersebut mendapat 437 like, 36 komentar, dan 16 kali dibagikan warganet.

Benarkan foto bocah minta tolong ke Vladimir Putin asli? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukkan foto yang diunggah Yanne Ratih ke situs pencari, Google Image.

Hasilnya, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto bocah tersebut. Namun, tulisan dalam kertas yang dipegang bocah tersebut berbeda dengan unggahan dari Yanne Ratih.

Begini tulisan di kertas yang dipegang oleh bocah tersebut, sesuai dengan penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6.com:

"Pak Presiden kalau tak bisa matikan asap, kirimkan kami uang untuk ke dokter. #save Riau." 

Foto bocah tersebut juga sempat diunggah oleh artis Indonesia, Chelsea Islan pada 8 Oktober 2015. Foto ungahan Chelsea Islan itu menjadi viral dan perbincangan warganet atas bencana kabut asap di Riau.

"This picture made me very sad. Please spread the word. Let's help our friends who are in need. #HelpandSaveRiau :(" begitu kicauan dari Chelsea Islan.

Salah satu vertikal Liputan6.com, Merdeka.com juga pernah memberitakan warga minta uang ke Presiden Jokowi dan Gubernur untuk berobat ke dokter. Artikel itu berjudul: "Kena ISPA, warga Riau minta duit ke Jokowi dan gubernur buat berobat", yang ditulis oleh Abdullah Sani pada 6 Oktober 2015.

"Lebih dari 54 ribu warga Riau terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kebakaran hutan dalan lahan. Akibat tak kunjung hilangnya kabut asap, warga minta Presiden dan Gubernur setempat untuk mengirimkan uang untuk membiayai pengobatan."

"Kalau pak Gubernur dan Presiden tidak bisa padamkan api, kirimkan kami duit untuk berobat, anak-anak kami kena ISPA, saya sendiri juga kena," ujar Chairul Hadi, salah seorang warga kecamatan Rumbai, kota Pekanbaru saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (6/10)." begitu isi dari artikel yang ditulis Abdullah Sani.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut bocah minta Vladimir Putin kirim ke rudal ke Gedung DPR adalah hoaks. Faktanya, bocah dalam foto itu minta uang ke Presiden Jokowi untuk berobat ke dokter karena kabut asap yang menimpa Riau, lima tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.