Sukses

Cek Fakta: Benarkah Ini Foto Penampakan Burung Cabak?

Liputan6.com, Jakarta - Foto yang diklaim sebagai penampakan burung cabak beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Heʀiin pada 16 Juli 2020.

Akun Facebook Heʀiin mengunggah dua foto yang diklaim sebagai burung cabak. Burung tersebut tampak berwarna coklat dengan paruh yang unik. Akun Facebook Heʀiin menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"ini penampakan burung yg sering bunyi "crruuitt,,cruuiittt" klo malem hari.nama nya burung cabak.mukanya ngeselin kya SIRA😂😂," tulis akun Facebook Heʀiin.

Konten yang disebarkan akun Facebook Heʀiin telah 327 kali dibagikan dan mendapat 3 komentar warganet.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai penampakan burung cabak. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto burung tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "17 Birds That Look Like They Are Completely Made Up But Are Actually 100% Real" yang dimuat situs buzzfeed.com pada 25 Juni 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs buzzfeed.com

Foto burung yang diunggah Heʀiin merupakan burung Sri Lanka Frogmouth. Foto burung yang diunggah akun Facebook Heʀiin tampak serupa dengan foto yang dimuat dalam situs buzzfeed.com.

Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan mengenai burung Sri Lanka Frogmouth. Artikel tersebut berjudul "Sri Lanka Frogmouths aka Ceylon Frogmouths" yang dimuat situs beautyofbirds.com.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Sri Lanka Frogmouth punya nama latin Batrachostomus moniliger. Sri Lanka Frogmout adalah burung yang relatif kecil. Spesies ini hanya ditemukan di India dan Sri Lanka. Habitatnya adalah hutan tropis lebat.

Panjang Sri Lanka Frogmouth sekitar 23 cm. Kepalanya terlihat besar dan memiliki paruh seperti mulut katak. Spesies ini bersandar pada cabang di siang hari. Biasanya mereka berburu serangga pada malam hari.

Sedangkan burung cabak berbeda dengan burung Sri Lanka Frogmouth. Dilansir dari situs jalaksuren.net, burung cabak punya nama latin Caprimulgidae dan Podargidae. Spesies ini merupakan jenis burung pemakan serangga yang bersifat nokturnal.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs jalaksuren.net

Burung Cabak merupakan hewan unik yang punya ciri khas dan punya anggota kurang lebih 8600 jenis tersebar diseluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai penampakan burung cabak ternyata salah. Foto yang diunggah akun Facebook Heʀiin bukan burung cabak, melainkan burung Sri Lanka Frogmout.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.