Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Menhub Budi Karya Kembali Positif Covid-19 Setelah Dinyatakan Sembuh

Beredar kabar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali positif Covid-19 setelah dinyakatakan sembuh, simak faktanya.

Liputan6.com, Jakarta- Beredar kabar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali positif virus corona baru (Covid-19) setelah sebelumnya dinyatakan sembuh. Kabar tersebut dimuat dalam artikel berjudul 15 Hari Sembuh, Menhub Budi Karya Kembali Dinyatakan Positif Covid-19 oleh situs baca-berita-harian.xyz, pada 16 Mei 2020.

Berikut isinya:

"Ada anggapan saat seseorang sembuh dari infeksi Covid-19, ia akan memiliki antibodi tertentu yang membuatnya kebal dari virus corona penyebab sakit Covid-19.

Namun anggapan tersebut dibantah oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang kembali dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 setelah dua kali pemeriksaan sebelumnya dinyatakan negatif.

Ia bercerita, usai dinyatakan sembuh dengan bukti dua kali pemeriksaan hasilnya negatif Covid-19 dan dibolehkan pulang, Menhub Budi Karya kembali diperiksa dan dinyatakan positif Covid-19. Padahal ia sudah 15 hari berada di rumah.

“Masak saya di rumah saya sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah. Setelah itu dites lagi 2 kali negatif,” ujar Menhub Budi Karya dalam diskusi di Instagram Live @tempodotco, Sabtu (16/5/2020).Menhub Budi mengatakan setelah sembuh dari Covid-19,bukan berarti seseorang menjadi aman dan tidak akan terinfeksi kembali.

Itulah mengapa ia berpesan agar setelah sembuh tetap menerapkan pola hidup sehat serta rajin mencuci tangan pakai sabun.

“Setelah sembuh memang harus pakai masker, taat cuci tangan di dalam rumah itu harus, saya yang sudah sembuh harus berhati-hati,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menhub Budi sempat 14 hari tidak sadarkan diri dan menggunakan alat bantu pernapasan ventilator karena terinfeksi Covid-19.

Setelah hari ke-18, ventilator di lepas. Sekitar lima hari setelah alat bantu pernafasan dilepas, Menhub Budi dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.

“Setelah itu dipersilahkan pulang, sudah lewati masa kritis lewat 4 sampai 5 hari dinyatakan negatif, saya dinyatakan boleh pulang,” tutup Budi Karya."

Benarkah Menhub Budi Karya Sumadi kembali terinfeksi COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Menhub Budi Karya Sumadi kembali terinfeksi COVID-19, menggunakan Google Search dengan kata 'kunci budi karya kembali positif covid-19'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Budi Karya Disebut Kembali Positif Covid-19, Kemenhub: Itu Menyesatkan" yang dimuat situ liputan6.com, pada 16 Mei 2020.

Dalam situs tersebut Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan kabar Menhub kembali positif Covid-19 adalah tidak benar.

"Sehubungan pemberitaan yang menyebut Menhub Budi Karya kembali positif Covid-19, perlu kami sampaikan berita tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/5/2020).

Adita menyatakan, saat ini Menhub Budi Karya dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.

Budi Karya dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat di RSPAD Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif.

Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua. Sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negative.

Menhub dinyatakan positif kembali, dimana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya yang juga Wakil Kepala RSPAD.

Penelusuran juga mengarah pada artike berjudul "Soal Kabar Menhub Kembali Positif Corona, Ini Klarifikasi Kemenhub", yang dimuat situs liputan6.com, pada 16 Mei 2020.

Dalam situs Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklarifikasi berita terkait Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang kembali positif Covid-19.

Menurut dia, saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Kabar Menhub Budi Karya kembali positif Covid-19 tidak benar. Setelah menjalani perawatan di RSPAD, pada 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya yang juga Wakil Kepala RSPAD.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini