Sukses

Cek Fakta: Hoaks PM Italia Giuseppe Conte Mengaku Kalah dengan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte yang mengaku telah dikalahkan oleh wabah virus corona atau COVID-19 beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan akun Facebook Verra Sumual Wowor, pada 23 Maret 2020. Akun ini menuliskan pesan yang diklaim dari PM Italia, Giuseppe Conte.

"PESAN PALING MENYEDIHKANPERDANA MENTERI ITALIA

Kami telah dikalahkan oleh wabah. Kami sudah mati fisik dan mental, kami tak tahu lagi apa yg harus kami buat. Semua cara dunia (manusia) tak lagi mempan. Solusi satu2nya hanya (mengharapkan) kuasa langit (Tuhan).

Italia punya fasilitas perawatan kesehatan tercanggih tapi semuanya gagal mengendalikan corona karena awalnya itu hanya dianggap sekadar lelucon dan sekarang presiden mereka menangis karena tak cukup lahan untuk mengubur 700an korban corona per hari (mungkin hari ini sudah lebih dari 700).PELAJARAN BAGI NEGARA LAIN..TERMASUK NEGARA KITA JANGAN MAIN-MAIN..JANGAN KERAS HATI..DUKUNG UPAYA PEMERINTAH..," tulis akun Facebook Verra Sumual Wowor.

Konten yang diunggah akun Facebook Verra Sumual Wowor telah 6 kali dibagikan dan mendapat 4 komentar warganet.

 Benarkah Italia mengaku kalah dengan COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim PM Italia Giuseppe Conte  telah mengaku kalah dengan COVID-19 melalui pesan menyedihkan.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search, dengan memasukkan kata kunci "Italian PM Conte coronavirus".

Pencarian mengarah ke artikel berjudul "FALSE: Italian PM Conte says they've 'lost control' of coronavirus" yang diunggah situs rappler.com, pada 26 Maret 2020.

Artikel tersebut menyatakan, klaim PM Italia Guiseppe Conte telah dikalahkan oleh wabah virus corona COVID-19 ternyata tidak benar.

Klaim tersebut bertentangan dengan pernyataan terbaru Conte tentang tanggapan virus corona COVID-19 pada 16 Maret dan 21 Maret.

Ketika itu Conte mengatakan bahwa Italia tidak akan menyerah dalam menghadapai wabah COVID-19. Ia pun mengajak seluruh warga Italia bersatu mengalahkan pandemi ini.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang PM Italia Giuseppe Conte yang menyampaikan pesan kesedihan karena kalah mengatasi wabah virus corona COVID-19 ternyata tidak benar. Narasi yang disebarkan akun Facebook Verra Sumual Wowor tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.