Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Barack Obama Menyatakan Kemenangan Prabowo-Sandi

Liputan6.com, Jakarta - Bermacam-macam kabar marak di media sosial. Misalnya yang diunggah oleh akun Facebook bernama Karim Limoto.

Pada 28 Juni 2019 lalu, ia mengunggah sebuah video tentang mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Dalam video tersebut, terlihat Barack Obama membuka sebuah bingkai lukisan.

Setelah dibuka, isi gambar di dalam lukisan itu terlihat foto Prabowo Subianto. Prabowo nampak mengenakan jas rapi berwarna hitam lengkap dengan dasi merah. 

[Cek Fakta] Barack Obama Mengakui Prabowo Subianto Sebagai Presiden Indonesia?

 "BARACK OBAMA mewakili Negara Amerika Serikat, telah menyatakan Kemenangan PRABOWO-SANDI

Viralkan vidio ini sekarang jugaTerima kasih...

ALLAHUAKBAR..." tulis Karim Limoto menyertai unggahan videonya.

Unggahan video itu hingga saat ini sudah ditonton 48 ribu kali. Unggahan itu juga sudah dibagikan sebanyak 2.594 kali dan mendapat tanda suka 898. Setidaknya, ada 277 komentar di dalam unggahan tersebut.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto maju dalam Pilpres 2019 menjadi capres dengan didampingi Sandiaga Uno. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan calon petahana Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran dari video tersebut. Video Barack Obama yang diunggah akun Facebook Karim Limoto merupakan hasil editan.

Tak hanya itu, video tersebut juga merupakan video lama. Video sebenarnya diunggah oleh aku YouTube bernama Smithsonian pada 12 Februari 2018 lalu.

Dalam video asli, Galeri Potret Nasional Smithsonian menunjukkan lukisan yang bergambar Barack Obama dan istrinya Michelle Obama.

[Cek Fakta] Barack Obama Mengakui Prabowo Subianto Sebagai Presiden Indonesia?

"The Smithsonian’s National Portrait Gallery unveils its commissioned portraits of former President Barack Obama and Mrs. Michelle Obama by artists Kehinde Wiley and Amy Sherald, respectively. Remarks by President Obama and Mrs. Obama, Smithsonian Secretary David Skorton, National Portrait Gallery Director Kim Sajet and artists Wiley and Sherald." tulis Smithsonian menyertai unggahan videonya.

Selain itu, Liputan6.com juga mengunggah foto-foto saat Barack Obama menunjukkan lukisan yang bergambar dirinya dan sang istri, Michelle Obama pada 13 Februari 2018.

[Cek Fakta] Barack Obama Mengakui Prabowo Subianto Sebagai Presiden Indonesia?

"FOTO: Dibuat Seniman Amerika-Afrika, Ini Lukisan Potret Barack dan Michelle ObamaDua lukisan tersebut digambar oleh seniman terkenal keturunan Amerika-Afrika yang dipilih oleh Obama dan Michelle Obama sendiri"

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Apa yang diunggah oleh akun Facebook bernama Karim Limoto bukan merupakan video sebenarnya. Video tersebut merupakan hasil editan semata.

Karena, video yang sebenarnya adalah Barack Obama sedang membuka hasil lukisan karya seniman Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Lukisan itu bergambar dirinya dan sang istri, Michelle Obama.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Prabowo Subianto Sisir Anggaran untuk Beli Alutsista
Artikel Selanjutnya
Prabowo Subianto Pastikan Tak Mainkan Anggaran untuk Alutsista