Sukses

Menpora: Konflik Suporter Persib-Persija Selesaikan Lewat Diskusi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, Selasa (2/7/2013) bertemu dengan ofisial Persija Jakarta di Kantor Kemenpora. Hadir dalam pertemuan itu antara lain manajer Persija Jakarta Ferry Paulus, Ketua Umum Jakmania Larico Ranggamone, dan beberapa pengurus lainnya.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mencari solusi penyelesaian terkait insiden pelemparan bus rombongan Tim Persib Bandung sebelum laga melawan Persija Jakarta, Sabtu 22 Juni lalu.

"Ini adalah langkah kecil untuk mencari solusi agar kejadian serupa tidak terulang lagi," kata Menpora.

Sebelumnya Menpora juga sudah memanggil ofisial Persib. Saat itu Menpora meminta keterangan sejelas-jelasnya dari pihak Persib soal kronologis pelemparan bus. Selain itu, Roy juga meminta kubu Maung Bandung agar memberikan bukti atau dokumen lainnya yang berkaitan dengan penyerangan tersebut.

Roy meminta masukan dari pihak manajemen untuk mencari solusi agar konflik antarsuporter kedua tim bisa diselesaikan.

Menpora mengusulkan agar masalah ini dibahas oleh kedua belah pihak dalam sebuah diskusi, seminar, atau semacam acara pertemuan bersifat kekeluargaan. Pengalaman semacam ini pernah dilakukan ketika Menpora mendamaikan pertikaian antara fans Persipur Purwodadi dengan PSIS Semarang.

"Saya ketemu dengan suporter keduanya, kemudian kami bikin deklarasi," ujar Roy.

Setelah bertemu dengan kedua tim, Menpora berencana membicarakannya dengan pengurus PSSI. Bahkan, jika perlu Roy akan bertemu dengan Gubernur dan Kapolda Jawa Barat bersama Gubernur serta Kapolda DKI Jakarta.

"Agenda ini akan segera kita laksanakan," ujar Roy Suryo menegaskan. (*)

Loading