Sukses

Bawa Spanyol ke Final Euro 2024, Lamine Yamal Libas 2 Rekor Abadi Milik Pele

Yamal memecahkan dua rekor milik Pele yang sudah bertahan begitu lama saat membawa Spanyol ke final Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Spanyol berhasil melaju ke final Euro 2024. La Furia Roja mendepak kandidat juara Prancis di babak semifinal. Wonderkid Spanyol Lamine Yamal mencetak rekor dahsyat saat membantu Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 pada Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Menghadapi Prancis, Spanyol memulai laga dengan buruk. Mereka kebobolan di menit delapan lewat sundulan penyerang Randall Kolo Muani. Untungnya Yamal bisa membantu Spanyol menyamakan skor di menit 21.

Pemain milik Barcelona itu mencetak gol indah lewat tendangan jarak jauh kaki kiri. Empat menit berselang Spanyol berbalik ungguk lewat sepakan Dani Olmo. Keunggulan 2-1 ini mampu dipertahankan sampai pertandingan selesai.

Gol Yamal ke gawang Prancis ini membuatnya masuk buku sejarah sepak bola dunia. Yamal mengalahkan rekor milik seorang Pele. Yamal sah menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang bisa mencetak gol di turnamen besar sekelas Piala Dunia atau Euro.

Yamal baru berusia 16 tahun dan 362 hari saat merobek gawang Spanyol. Yamal melewati rekor Pele yang bikin gol di Piala Dunia saat berusia 17 tahun dan 239 hari.

Rekor gol termuda Spanyol di turnamen besar juga kini dipegang Yamal. Sebelumnya Gavi yang memegang rekor tersebut ketika bikin gol di usia 18 tahun dan 110 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Pemain Termuda di Semifinal

Total ada dua rekor milik Pele yang dilewati Yamal. Dia juga menjadi pemain termuda yang main di semifinal Piala Dunia/Euro. Sebelumnya Pele membuat rekor tersebut di Piala Dunia 1958.

Pele saat itu baru berumur 17 tahun dan 244 hari. Yang menarik Pele juga menghadapi Prancis ketika itu. Pele menuntaskannya dengan membantu Brasil juara di 1958. Menarik dinantikan apakah Yamal juga akan bisa mengikuti jejaknya.

3 dari 3 halaman

Spanyol Favorit Juara Euro 2024

Di partai final, Spanyol akan menunggu pemenang semifinal kedua Euro 2024 yang mempertemukan Inggris dengan Belanda. Laga ini baru berlangsung pada Kamis (11/10/2024) dini hari WIB.

Spanyol kini jadi yang difavoritkan menjuarai Euro 2024. Pasalnya pasukan Luis de La Fuente ini tampil begitu perkasa selama berlaga di Jerman. Spanyol selalu menang dari enam pertandingan yang dijalani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini