Sukses

Bersih-Bersih Skuad Dimulai, Manchester United Sudah Depak 1 Pemain dari Old Trafford

Manchester United sudah mendepak satu pemain dari Old Trafford. Dia adalah bek kiri Alvaro Fernandez yang akhirnya dilepas secara permanen usai menjalani masa pinjaman setengah musim di Benfica.

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa Liga Inggris Manchester United nampaknya sudah memulai aksi bersih-bersih skuad setelah menutup musim dengan raihan trofi Piala FA.

Setan Merah sebelumnya menambahkan satu gelar ke dalam koleksinya lantaran berhasil mengalahkan rival sekota Manchester City dalam partai final yang digelar di Stadion Wembley pada Sabtu (25/5/2024) malam WIB.

Capaian tersebut menjadi semacam pelipur lara buat skuad racikan Erik ten Hag yang tampil kurang memuaskan sepanjang kampanye 2023/2024.

MU diketahui sempat tersingkir dari Champions League setelah jadi juru kunci klasemen di fase penyisihan grup, serta cuma mampu finis sebagai peringkat 8 tabel Liga Inggris musim ini.

Buntut dari serangkaian hasil buruk tersebut, Manchester United pun santer dikabarkan bakal melakukan pembaruan demi mendongkrak kualitas skuad di kompetisi 2024/2025. Aksi bersih-bersih berpotensi dilakukan demi memberi ruang bagi datangnya penggawa baru pada bursa transfer.

Laporan The Sun mengungkap Manchester United agaknya sudah memulai kegiatan pembersihan skuad sesaat setelah berakhirnya kampanye 2023/2024. Alvaro Fernandez jadi korban pertama penggusuran MU, dengan pihak klub sepakat melepas pemain berusia 21 tahun secara permanen ke Benfica musim panas ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Alvaro Fernandez

Sekadar informasi, Alvaro Fernandez memang merupakan salah satu pemain tersisih di Manchester United. Dia tak pernah mendapat tempat dalam tim utama Setan Merah dan hanya berakhir dipinjamkan ke klub-klub lain.

Benfica merupakan tim teranyar yang menyewa jasa Fernandez selama setengah musim. Pesepak bola kelahiran 2003 itu hijrah ke klub Portugal pada Januari 2024, setelah sebelumnya juga menyandang status pinjaman di Granada.

Meski sempat kesulitan menyakinkan Benfica di awal kedatangannya, situs Transfermarkt mencatat Fernandez pada akhirnya mendapat kesempatan tampil dalam 16 pertandingan lintas ajang bersama tim.

Dia juga sempat menyumbangkan 1 gol di Liga Portugal yang turut membantu Benfica finis sebagai runner-up klasemen musim 2023/2024.

3 dari 3 halaman

MU Bakal Raup Rp100 M dari Penjualan Fernandez

Benfica pun pada akhirnya memilih mempermanenkan Alvaro Fernandez di musim panas 2024. The Sun menyebut pihak klub sudah mengaktifkan opsi pembelian dalam kontrak pinjaman sang pemain, yang memungkinkan dia segera meninggalkan Old Trafford secara permanen.

Buntut dari penjualan tersebut, Setan Merah bisa meraup sedikit suntikan dana jelang dibukanya jendela transfer secara resmi. Benfica kabarnya bersedia menggelontorkan 5 juta poundsterling atau sekitar Rp102 miliar guna merekrut pemain terpinggir Manchester United.

Adapun Benfica selanjutnya bakal mengikat Alvaro Fernandez dengan kontrak cukup panjang. Dia bisa memperkuat tim Portugal hingga 5 tahun ke depan, sebagaimana diungkap lewat cuitan di akun X resmi klub.

"A. Carreras (Alvaro Fernandez) dikontrak hingga 2029," tulis Benfica dalam unggahan di media sosialnya pada Senin (27/5/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.