Sukses

PSSI Layangkan Protes atas Kepemimpinan Wasit Nasrullo Kabirov saat Lawan Qatar

Timnas Indonesia dirugikan beberapa keputusan wasit Nasrullo Kabirov dari Tajikistan saat melawan tuan rumah Qatar.

Liputan6.com, Jakarta- Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan PSSI secara resmi akan melayangkan protes ke Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) atas kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov di laga antara timnas Indonesia U-23 vs Qatar pada laga pertama Piala Asia U-23 2024. Pasalnya wasit asal Tajikistan ini membuat beberapa keputusan kontroversial yang merugikan Indonesia.

Beberapa keputusan kontroversial wasit tersebut menjadi dasar protes PSSI pada AFC. "Kita PSSI akan layangkan surat protes. Karena ada beberapa tadi, kartu merah Ivar, mestinya tidak kartu merah. Kita protes," ujar Erick di Doha, Selasa (16/4/2024).

Sebagai federasi, PSSI punya otoritas untuk menyampaikan protes resmi. Apalagi ada beberapa episode dalam pertandingan yang merugikan timnas Indonesia.

"Kita sebagai federasi akan melayangkan protes terkait performa wasit. Kalian lihat seluruh rakyat Indonesia, netizen sosial media, semua sama kita. Karena mereka tahu, ini bukan game yang fair. Tapi kita masih punya dua game. Kita fight di atas lapangan," ujar Erick.

Erick pun berpesan dihadapan para pemain agar tidak terpengaruh atas kepemimpinan wasit di laga pembuka. Menurut Erick masih ada dua laga tersisa di putaran grup bagi para pemain untuk tampil habis-habisan.

"Jangan sampai game ini merusak fokus kalian. Kita belum selesai, masih ada dua game. Kita harus fight. Itulah kita. Tadi kalian main bersembilan, fight. Bersebelas harus bisa lebih fight. Masih ada dua game. Pada prinsipnya ini bukan akhir, kita masih punya dua game. Kita harus melawan balik," ujar mantan presiden Inter Milan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Wasit Nasrullo Rugikan Indonesia

Pada laga melawan Qatar, Nasrullo membuat beberapa keputusan yang meruigkan Indonesia. Yang paling fatal adalah kartu kuning kedua untuk Ivan Jenner di awal babak kedua serta gol kedua Qatar dari eksekusi tendangan bebas yang seharusnya bukan pelanggaran.

Selain itu Nasrullo juga memberikan kartu merah untuk Ramadhan Sananta di menit akhir dan hadiah penalti untuk Qatar pada penghujung babak pertama. Sang pengadil juga batal memberikan kartu merah untuk pemain Qatar yang melakukan tekel keras kepada Witan Sulaeman. Sempat akan mencabut kartu merah, Nasrullo akhirnya cuma memberikan kartu kuning.

3 dari 3 halaman

Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Kekalahan dari Qatar membuat Indonesia cukup berat untuk melaju ke babak selanjutnya di Piala Asia U-23 2024. Indonesia kini berada di dasar klasemen Grup A. Qatar memuncaki klasemen dengan poin tiga.

Australia dan Yordania berada di posisi dua dan tiga setelah bermain imbang tanpa gol. Indonesia masih akan bertemu Australia dan Yordania di laga selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.