Sukses

Usai Dihajar Timnas Indonesia, Philippe Troussier Bicara soal Kualitas Lapangan SUGBK

Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier bicara soal kondisi lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pasca kalah dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier kembali menelan hasil minor saat bersua dengan Indonesia di panggung internasional.

Usai dihajar 0-1 dalam ajang Piala Asia baru-baru ini, juru taktik Prancis dan skuadnya takluk lagi dengan skor identik dari Timnas Indonesia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) , Kamis (21/3/2024).

The Golden Star sejatinya sempat merepotkan skuad Garuda saat memulai pertandingan babak pertama. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sulit menciptakan peluang, sehingga harus puas mencatatkan skor imbang 0-0 saat turun minum.

Barulah memasuki paruh kedua, Timnas Indonesia mampu memecah kebuntuan. Egy Maulana Vikri menceploskan bola ke gawang Filip Nguyen pada menit 52 yang berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Capaian tersebut membuat skuad Garuda naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi 4 poin dari 3 laga. Sementara itu, Vietnam terlempar ke urutan 3 lantaran baru mengumpulkan 3 angka dalam 3 pertandingan.

Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier pun berbicara mengenai mengenai kualitas kandang Indonesia selepas kekalahan anak-anak asuhnya di FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Meski dinilai tak buruk-buruk amat, juru taktik asal Prancis mengeklaim kondisi lapangan tak bisa dijadikan dalih di balik hasil minor yang diraih timnya kala bertandang ke markas Merah Putih.

"Terkait lapangan (SUGBK), menurut saya tidak terlalu buruk. Meski seharusnya kita bisa bermain di lapangan yang lebih bagus, karena kami melihat ada sedikit kerusakan pada rumputnya," ucap Troussier dalam konferensi pers selepas laga, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

"Namun, saya rasa itu tidak bisa dijadikan alasan (kekalahan) kami. Kami tidak bisa bilang bahwa lapangan itu jadi kerugian buat kami," sambung pelatih asal Prancis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Suporter Vietnam Semeriah SUGBK

Terlepas dari teknis rumput dan lapangan, Philippe Troussier diam-diam mengagumi semarak suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Juru taktik berusia 69 tahun mengaku berharap suporter Vietnam dapat semeriak pendukung Timnas Indonesia kala timnya bermain kandang di My Dinh National Stadium pada Selasa (26/3/2024).

"Kami punya kesempatan untuk mendapat tambahan poin jika menang di laga selanjutnya. Meskipun kami kalah dalam pertandingan kali ini, saya pikir sikap yang ditunjukkan para pemain sudah bagus. Namun, tentu kami harus bermain lebih efisien (di kandang sendiri)," ucap Troussier kepada awak media.

"Kami berharap kami mendapat atmosfer yang sama di Hanoi seperti atmosfer yang dirasakan Timnas Indonesia saat bertanding di SUGBK hari ini," tandasnya selepas kekalahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia vs Vietnam

Kamis, 21 Maret 2024

20.30 WIB: Indonesia 1-0 Vietnam

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta

Jumat, 22 Maret 2024

19.00 WIB: Vietnam vs Indonesia

My Dinh National Stadium, Hanoi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.