Sukses

Cari Pengganti Xavi Hernandez, Barcelona Serius Ingin Bajak Pelatih Arsenal

Barcelona nampaknya serius ingin merekrut Mikel Arteta sebagai suksesor Xavi Hernandez. Laporan mengungkap tim raksasa Catalan sudah menghubungi pihak Arteta guna mengecek secara informal prospek sang pelatih bergabung dengan Barca musim depan.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor kepindahan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menuju Barcelona berpeluang menjadi kenyataan. Klub raksasa Catalan baru-baru ini dilaporkan sudah berbicara dengan kubu Arteta terkait potensi kepindahan ke Spanyol pada musim panas mendatang.

Seperti diketahui, Barca memang butuh kehadiran pelatih baru jelang kampanye 2023/2024. Juru taktik saat ini Xavi Hernandez memutuskan mundur dari jabatan, meski kontraknya diagendakan berakhir pada Juni 2025.

Nama Arteta sontak muncul sebagai kandidat terdepan yang digadang-gadang berpotensi mengisi lowongan di Barcelona. Laporan media Spanyol, Sport, juga menyiratkan ada indikasi kuat Arteta akan meninggalkan Emirates demi melatih tim raksasa LaLiga.

Akan tetapi, spekulasi tersebut segera ditepis oleh pelatih berusia 41 tahun. Dia menyebut kabar yang beredar bohong dan mengaku kecewa lantaran dirinya dikaitkan dengan kepindahan dari Arsenal.

Kendati demikian begitu, Barcelona sendiri nampaknya tidak terganggu dengan sikap sang pelatih. Relevo baru-baru ini melaporkan presiden klub Joan Laporta bersama direktur olahraganya, Deco, masih tertarik menggoda Mikel Arteta agar meninggalkan London Utara.

Kebetulan, juru taktik Arsenal sudah cukup familiar dengan situasi Catalan. Dia sempat menimba ilmu bersama akademi Barca hingga bermain di tim Barcelona B, serta punya hubungan dengan eks manajer Blaugrana Pep Guardiola lantaran pernah menjadi asistennya di Manchester City.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petinggi Barcelona Terpikat Kinerja Arteta

Bukan cuma kedekatan, petinggi Barcelona punya alasan jelas di balik ambisinya mendatangkan Arteta. Mereka diklaim terkesan dengan kinerja sang pelatih selama menukangi timnya di Emirates.

Adapun Arteta memang cukup piawai membawa Arsenal menjadi penantang gelar Liga Inggris dalam beberapa musim terakhir. Di bawah racikannya, The Gunners sempat lama menguasai puncak klasemen Premier League musim lalu, sebelum akhirnya ditikung oleh Manchester City.

Meriam London saat ini juga masih membayangi Liverpool dan The Citizens yang menghuni dua urutan teratas tabel Liga Inggris 2023/2024. Pasukan Mikel Arteta cuma terpaut dua poin dari The Reds serta berselisih satu angka dengan anak-anak asuh Pep Guardiola.

3 dari 4 halaman

Cocok dengan Kriteria Barcelona

Alhasil Mikel Arteta kini dipandang sebagai pelatih dengan profil yang memenuhi kriteria idaman Joan Laporta dan Deco. Para petinggi Barca merasa pihaknya memang butuh sosok juru taktik yang mamapu mengembangkan pemain serta skuad muda milik tim raksasa Catalan.

Barcelona pun dikabarkan sudah coba menghubungi kubu Arteta untuk melakukan pemantauan informal sekaligus mengecek seberapa besar keinginan sang pelatih kembali berkarier dengan tim Spanyol.

Kesepakatan apa pun yang coba ditawarkan Blaugrana kemungkinan bakal berjalan rumit, mengingat mereka tidak akan mampu membayar kompensasi besar buat sang pelatih. Walau demikian, kepindahan Arteta diyakini bukan hal yang mustahil lantaran sang pelatih cuma memiliki sisa satu tahun dalam kontraknya di Emirates.

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga Spanyol 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.