Sukses

Barcelona Komentari Prospek Jurgen Klopp Jadi Pengganti Xavi, Mungkinkah Terjadi?

Direktur Olahraga Barcelona Deco baru-baru ini buka suara menanggapi rumor ketertarikan klubnya terhadap Jurgen Klopp. Ia tak secara gamblang mengeluarkan bantahan atas isu tersebut dan malah memuji juru taktik Liverpool sebagai sosok pelatih hebat.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona akhir-akhir ini santer dikaitkan dengan pelatih Liverpool Jurgen Klopp. Juru taktik asal Jerman digadang-gadang menjadi sosok yang diminati Blaugrana untuk menggantikan posisi Xavi Hernandez di klub. 

Sebagaimana diketahui, Xavi memang sudah mengumumkan pengunduran dirinya dari tim raksasa Spanyol. Pelatih berusia 44 tahun memilih meletakkan jabatan setelah Barca dihajar  3-5 oleh Villarreal dalam duel LaLiga di kandang sendiri, Minggu (28/1/2024). 

Adapun Xavi sendiri sejatinya baru ditunjuk menjadi juru taktik klub raksasa Catalan pada November 2021. Dia sempat mengantar Barcelona tampil apik di LaLiga hingga keluar sebagai kampiun musim 2022/2023 dengan selisih 10 poin dari rival sengitnya Real Madrid. 

Malang memasuki kampanye 2023/2024, performa tim racikannya mengalami penurunan. Barcelona sudah kehilangan peluang menyabet dua trofi usai kalah dalam final Piala Super Spanyol dan tersingkir dari Copa del Rey. 

Tim besutan Xavi Hernandez juga masih kesulitan menembus puncak klasemen Liga Spanyol lantaran tengah menempati peringkat tiga dengan selisih delapan angka dari Real Madrid di puncak tabel. 

Rentetan situasi tak menguntungkan tersebut pada akhirnya mendorong Xavi meletakkan jabatannya di Barcelona. Mantan gelandang legendaris klub juga terang-terangan mengakui bahwa pekerjaannya saat ini keras dan tidak menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurgen Klopp Disebut Jadi Kandidat Pengganti

Kabar kepergian Xavi membuat Barcelona lantas dikaitkan dengan sejumlah pelatih yang berpotensi dijadikan suksesor. Thiago Motta, Rafael Marquez, hingga Roberto De Zerbi sempat digadang-gadang cocok menempati kursi panas Blaugrana. 

Teranyar, nama Jurgen Klopp ikut terseret dalam daftar kandidat juru taktik baru Barca. Kebetulan pelatih asal Jerman memang akan menganggur pada akhir musim. 

Klopp sudah lebih dulu mengumumkan keinginannya untuk mengakhiri masa bakti 9 tahun di Liverpool. Laporan baru-baru ini mengeklaim Presiden Barcelona Joan Laporta pun mulai memberi tahu orang-orang kepercayaannya di klub agar berupaya merayu Jurgen Klopp untuk pindah ke Catalan.

3 dari 5 halaman

Direktur Olahraga Barcelona Buka Suara

Direktur Olahraga Barcelona Deco pun baru-baru ini buka suara menanggapi rumor ketertarikan klubnya terhadap Jurgen Klopp. Ia tak secara gamblang mengeluarkan bantahan atas isu tersebut dan malah memuji juru taktik Liverpool sebagai sosok pelatih hebat.

“Dia pelatih yang hebat, tetapi menurut saya ini bukan saat yang tepat untuk membicarakan hal itu," ucap Deco kepada La Vanguardia, seperti dilansir dari Metro

“Pelatih baru tentu bakal ingin melakukan perubahan, tetapi pertama, kami harus lebih dulu menjelaskan proyek dan idenya. Ada banyak opsi (untuk mengisi posisi tersebut),” sambung dia.

4 dari 5 halaman

Prospek Kandidat Lain

Sementara itu terkait prospek kandidat lain seperti Thiago Motta dan Rafa Marquez, Deco juga enggan berbicara banyak. Ia banga mengaku kurang mengikuti nama pertama lantaran dia melatih tim Serie A Bologna. 

“Saya tidak terlalu mengikuti kiprah Motta karena dia tidak melatih di tim Italia yang biasa saya tonton,” ucap Deco. 

“Saya mengikuti Marquez karena dia ada di sini. Dia adalah pelatih muda yang terus berkembang dalam menghadapi kesulitan. Berada di sini akan membuatnya menjadi pelatih yang lebih baik,” tambahnya, dikutip dari Metro.

5 dari 5 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga Spanyol 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.