Sukses

Hujan Gol Terjadi, Timnas Indonesia U-20 Kalah dari Uzbekistan pada Laga Uji Coba

Timnas Indonesia U-20. sempat dua kali mengejar ketertinggalan sebelum akhirnya menyerah lewat gol menit akhir Uzbekistan.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-20 kembali menelan kekalahan pada laga uji coba. Pada Selasa (30/1/2024) malam WIB, pasukan Indra Sjafri kalah dramatis 2-3 saat menjamu Uzbekistan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Meski bermain di kandang lawan, Uzbekistan berani tampil menyerang sejak awal pertandingan. Mereka mampu membuat gol cepat saat laga baru berlangsung empat menit. Murodjon Komilov menjebol gawang Indonesia memanfaatkan umpan Azizbek Tulkinbekov.

Setelah unggul cepat Uzbekistan makin percaya diri menekan Indonesia. Beberapa peluang kembali dilahirkan tim tamu. Untungnya gawang Rifky Tofani tak kebobolan lagi hingga pertengahan babak pertama.

Perlahan Indonesia mulai bisa keluar menekan. Hasilnya Timnas Indonesia bisa menyamakan skor atas Uzbekistan pada saat laga berjalan 32 menit melalui tembakan Kafiatur Rizky yang meneruskan kerja keras dari Toni Firmansyah.

Toni meliuk-liuk di kotak penalti lawan sebelum menyodorkan umpan tarik yang disambar Kafiatur dengan tembakan kaki kiri.

Sayangnya delapan menit kemudian Indonesia kembali kebobolan. Rifky melakukan blunder dengan gagal menangkap umpan dari bek sayap Ozodbek Kurbonov. Skor 2-1 untuk Uzbekistan bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-20 Kalah Dramatis dari Uzbekistan

Perubahan dilakukan timnas Indonesia di babak kedua. Rifky juga diganti bersama empat pemain lainnya. Perubahan ini membawa dampak positif bagi Garuda Muda.

Timnas Indonesia lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan. Gol kedua Indonesia terjadi di menit 74 lewat sontekan dari Arlyansyah Abdulmanan. Pemain nomor 20 itu menyambar umpan tarik dari Alessandro Kamuru. Ini menjadi gol perdana Arlyansyah Abdulmanan di timnas U-20 Indonesia

Selang delapan menit kemudian Indonesia nyaris berbalik unggul melalui aksi Arkhan Kaka. Sayangnya tembakan kaki kiri Kaka masih bisa diamankan kiper Uzbekistan.

Petaka menimpa Indonesia tiga menit sebelum bubaran. Pemain pengganti Khayrullaev Ravshan mencetak gol kemenangan Uzbekistan. Ravshan melepaskan tendangan geledek dari luar kotak penalti timnas Indonesia U-20. Kiper Ikram Al Ghiffari tak kuasa membendungnya.

Timnas Indonesia U-20 kali ini tak bisa membalas ketertinggalan lagi karena waktu yang sudah mepet. Skor 2-3 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya Indonesia Kalah dari Thailand

Ini menjadi kekalahan kedua beruntun timnas Indonesia U-20. Sebelumnya Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Thailand pada uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (26/1/2024). Sempat unggul, pasukan Indra Sjafri menyerah 1-2.

Umpan silang Dony Tri Pamungkas dimaksimalkan Toni Firmansyah pada menit ke-11 guna membuat Indonesia unggul 1-0 di babak pertama.

Thailand merespon. Usaha mereka membuahkan hasil di menit ke-63. Tendangan jarak jauh Paripan Wongsa membawa Thailand U-20 menyamakan kedudukan.

Dengan laga Indonesia U-20 vs Thailand U-20 menuju hasil imbang, tim tamu mencuri gol kemenangan. Adalah Pikanet Laohawiwat yang mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-90+3 memanfaatkan bola liar dari sepak pojok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.