Sukses

Wakil Asia Tenggara Habis di Piala Asia 2023, Thailand Kalah Tipis dari Uzbekistan

Thailand harus mengakui keunggulan Uzbekistan di babak 16 besar Piala Asia 2023 meski mampu memberikan perlawanan sengit.

Liputan6.com, Jakarta- Asia Tenggara tak mampu meloloskan satupun wakil ke perempat final Piala Asia 2023. Thailand yang jadi harapan terakhir terhenti di babak 16 besar setelah kalah tipis 1-2 dari Uzbekistan di Stadion Al Janoub, Selasa (30/1/2023) malam WIB.

Thailand menyusul timnas Indonesia yang juga terhenti di babak 16 besar. Indonesia pada akhir pekan kemarin dihajar Australia empat gol tanpa balas. Sedangkan Vietnam dan Malaysia tersingkir sejak dari fase grup.

Jauh lebih diunggulkan, Uzbekistan langsung menekan Thailand sejak pertandingan dimulai. Thailand pun memilih untuk bertahan total menahan gempuran Uzbekistan.

Pertahanan Thailand cukup kokoh. Mereka mampu menahan Uzbekistan sampai menit 37. Uzbekistan memecah kebuntuan lewat aksi Azizbek Turgunboev yang mencetak gol cantik. Dia melepaskan tendangan first time setelah mengontrol bola dengan dada di dalam kotak penalti Thailand.

Gol Turgunboev ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama laga Thailand vs Uzbekistan. Skor 0-1 bertahan sampai turun minum.

Thailand mulai keluar menyerang memasuki babak kedua. Keputusan ini terbukti jitu. Thailand bisa menyamakan skor pada menit 58. Gelandang serang Supachok Sarachat membuat gol setelah melakukan kerjasama apik dengan Supachai Jaided.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlawanan Sengit Thailand kepada Uzbekistan

Dua menit berselang Thailand nyaris membalikkan skor bila saja peluang Suphanat Muenta tak terbuang percuma. Tembakan Suphanat dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Uzbekistan Utkir Yusupov.

Uzbekistan justru kembali memimpin pada menit 65. Abbosbek Fayzullayev sukses menjebol gawang Thailand yang dikawal oleh Patiwat Khammai.

Thailand gagal membalas ketertinggalan ini. Satu-satunya peluang emas Gajah Putih terjadi di menit akhir lewat pemain Bali United Elias Dolah. Tapi sundulan Dolah masih melambung tipis dari gawang Uzbekistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini