Sukses

Mikel Arteta Ingin Tinggalkan Arsenal, Barcelona Jadi Tujuan Selanjutnya?

Klub raksasa Liga Inggris Arsenal bakal kehilangan pelatih pada akhir musim. Mikel Arteta diisukan berencana hengkang dari Emirates usai mengantar The Gunners menyelesaikan kompetisi musim 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa Liga Inggris Arsenal bakal kehilangan pelatih pada akhir musim. Mikel Arteta diisukan berencana hengkang dari Emirates usai mengantar The Gunners menyelesaikan kompetisi musim 2023/2024.

Dilansir dari Football Transfers, kontrak Arteta bersama Arsenal sejatinya masih berlangsung hingga 2025. Akan tetapi, laporan di Spanyol mengeklaim sang pelatih sudah mengutarakan keinginan untuk mundur dari jabatannya di Meriam London selepas musim berakhir.

Adapun Arteta digadang-gadang bakal melanjutkan karier bersama klub LaLiga Barcelona. Kebetulan, tim raksasa Catalan juga akan membutuhkan juru taktik baru pertengahan tahun ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, manajer Blaugrana Xavi Hernandez sudah memutuskan untuk meninggalkan kursi panas klub menyusul hasil buruk yang diraih skuad racikannya di kampanye 2023/2024.

Barcelona kehilangan peluang untuk meraih dua trofi usai menelan kegagalan di Piala Super Spanyol dan Copa del Rey.

Kesempatan Blaugrana melipur lara lewat ajang LaLiga juga terbilang tipis lantaran mereka masih terkunci di peringkat 4 klasemen sementara dengan torehan 44 poin dari 21 laga, berselisih 11 angka dari Girona yang menghuni puncak tabel usai memainkan 22 pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mikel Arteta Dikaitkan dengan Barcelona

Kabar kepergian Xavi dari Barcelona tak ayal membuat klub raksasa LaLiga kini dikaitkan dengan sosok pengganti. Adalah Mikel Arteta yang digadang-gadang berpeluang menjadi suksesor juru taktik kelahiran 1980 di Spanyol.

Laporan Football Transfers mengeklaim pelatih Arsenal memang cukup difavoritkan untuk menduduki kursi panas Blaugrana. Kabar kepindahannya menuju LaLiga berembus makin kencang, mengingat Arteta belum menandatangani perpanjangan kontrak di Emirates.

"Berlalunya tahun-tahun dan masa-masa tegang (di Arsenal) dalam beberapa musim terakhir nampaknya juga berdampak pada pelatih (Arteta). Hubungan baik yang dia jaga dengan pemilik klub London bakal memungkinkan dia untuk keluar (secara baik-baik) pada akhir musim," ungkap media Spanyol Sport dalam pemberitaannya, seperti dilansir dari Football Transfers.

"Mikel sudah mengomunikasikan (rencana) ini kepada orang-orang di sekitarnya, meski saat ini mereka perlu bersikap ekstra hati-hati sembari menunggu perkembangan kompetisi," sambung laporan yang sama.

3 dari 4 halaman

Punya Kedekatan dengan Barcelona

Bagi Mikel Arteta, kepindahan menuju Barcelona harusnya tak menjadi hal yang terlalu mengejutkan. Mantan gelandang PSG dan Everton itu punya memori bersama tim raksasa Catalan di awal kariernya sebagai pesepak bola.

Laporan Football Transfers mengungkap Arteta pernah menghabiskan masa mudanya di La Masia, sebelum mencatatkan 42 penampilan untuk skuad Barcelona B. Sayangnya, dia tak pernah mendapat kesempatan tampil di skuad senior bersama tim utama.

Keterikatan kedua pihak membuat prospek bergabungnya Arteta dengan Barcelona bukan menjadi sesuatu yang mustahil. Kendati demikian, situasi finansial Baugrana serta kecintaan para penggemar The Gunners bisa saja mencegah sang pelatih untuk hijrah ke LaLiga.

4 dari 4 halaman

Dibantah Media Inggris

Di sisi lain, Sky Sports juga sempat mempublikasikan laporan yang merujuk pada kabar kepindahan Mikel Arteta menuju Barcelona.

Berbeda dari isu yang beredar di Spanyol, Sky Sports menegaskan juru taktik Arsenal tak punya niatan pindah ke LaLiga dan bakal tetap bertahan di Meriam London.

"Sky Sports News mendapat kabar bahwa Mikel Arteta tidak akan pindah ke mana-mana, di tengah adanya laporan yang mengaitkan dia dengan pekerjaan di Barcelona," tulis media tersebut melalui cuitan di akun X Sky Sports Premier League, Senin (29/1/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Mikel Arteta

  • Berita Bola