Sukses

Bukan Rafael Marquez, Muncul Nama Mengejutkan Kandidat Pengganti Xavi di Barcelona

Rafael Marquez, mantan bek Barcelona dan Meksiko sebelumnya disinyalir bisa menggusur posisi Xavi Hernanez. Tapi kini ada nama eks Barca lain yang lebih menterang.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona tak akan memecat Xavi Hernandez sampai akhir musim. Xavi terancam posisinya karena kehilangan dua kesempatan meraih trofi yaitu Piala Super Spanyol dan Copa del Rey.

Barca belum lama kalah 2-4 dari Athletic Bilbao pada perempat final Copa del Rey. Kegagalan ini memicu lagi rumor pencopotan Xavi dari posisinya sebagai pelatih Barcelona.

Xavi pun memahami tekanan dan ancaman pemecatan yang mengincarnya. Dia sejak awal berjanji bakal tinggalkan klub kalau tidak bisa memberi gelar musim ini.

Lalu bagaimana peluang Barca meraih gelar? Tipis. Barcelona masih harus mempertaruhkan nasib lawan Napoli di 16 besar Liga Champions, sedangkan di La Liga Barcelona tertinggal dari Girona dan Real Madrid.

Saat ini, muncul beberapa kandidat pelatih. Nama seperti Michel Sanchez yang melatih Girona dan Imanol Alguacil (Real Sociedad menyeruak.

Dua nama ini punya kaitan kuat dengan Barcelona karena berasal dari wilayah Katalunya. Namun Presiden Barcelona Joan Laporta lebih sreg dengan Rafael Marquez yang kini melatih Barca B.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nama Mengejutkan Muncul untuk Gantikan Xavi

Di tengah ketidakjelasan nama pengganti, ada satu nama mengejutkan yang muncul. Memang, Rafael Marquez mendapatkan dukungan dari Direktur Sport Barca, Deco.

Tapi seperti dilansir Cadena SER, nama manajer Bologna Thiago Motta muncul sebagai kandidat kuat. Fakta Motta pernah jadi bagian dari Barcelona membuat dia makin mudah untuk gabung.

 

3 dari 5 halaman

Thiago Motta Sukses dengan Bologna

 

Motta lebih kuat peluangnya ketimbang Rafael Marquez karena prestasi melatih. Motta, yang juga main bersama Rafael Marquez di era 2000-an di Barcelona, kini sukses membesut Bologna.

Dia mampu membawa Bologna nangkring di peringkat ke-7 Liga Italia alias zona Eropa. Mereka juga hanya terpaut dua poin dari posisi empat atau zona Liga Champions.

Kepelatihan Motta makin berkembang setelah sempat melatih Genoa dan Spezia.

 

4 dari 5 halaman

Barcelona Tergoda Tawaran Puma

 

Sementara itu, Barcelona dikabarkan mendapatkan tawaran menggiurkan dari Puma untuk menjadi sponsor utama. Puma siap gelontorkan dana 200 juta euro atau 3,4 Triliun per tahun.

Ini artinya Barcelona bakal putus hubungan dengan Nike yang sudah mensponsori mereka sejak 1998. Hanya saja, Barcelona masih terikat kontrak dengan Nike sampai 2026.

Puma ogah bayar klausul pelepasan untuk Nike, begitu juga Barcelona. Nike terancam rugi sampai 350 juta euro kalau kontrak ini gagal dipertahankan.

5 dari 5 halaman

Peringkat Barcelona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.