Sukses

Bersaing Ketat dengan Erling Haaland, Lionel Messi Raih Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2023

Lionel Messi memenangkan persaingan dengan striker Manchester City Erling Haaland dan mantan rekan setimnya di Paris Saint-Germain Kylian Mbappe.

Liputan6.com, Jakarta Pemain depan Inter Miami dan Argentina Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Pria Terbaik FIFA Tahun 2023. Putusan ini disampaikan dalam acara penganugerahan The Best FIFA Football Awards yang digelar di London, Selasa dini hari WIB (16/1/2024)

Pemain berusia 36 tahun itu memenangkan persaingan dengan striker Manchester City Erling Haaland dan mantan rekan setimnya di Paris Saint-Germain Kylian Mbappe.

Dalam keterangan di laman resmi mereka, FIFA mengungkapkan bahwa Messi terpilih menjadi pemenang meski memiliki poin penilaian akhir sama dengan Haaland, yakni 48.

Messi dipilih menjadi pemenang karena ia unggul dalam jumlah skor bernilai lima poin yang dipilih oleh kapten tim nasional seluruh dunia, sesuai dengan aturan. Dari skor bernilai lima poin ini, Messi mendapat 107 poin, sedangkan Haaland 'hanya' 64.

Raihan ini kali ini berarti Messi berhasil mempertahankan penghargaan yang juga dia klaim tahun lalu. Total, Messi kini telah memenangkan penghargaan tersebut tiga kali sejak diperkenalkan pada tahun 2016, mengungguli Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski sebagai pemain dengan gelar Pemain Pria Terbaik FIFA terbanyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selama Penilaian Messi Bawa PSG Raih Gelar Ligue 1

Pemungutan suara untuk pemain terbaik ini dibagi antara penggemar, pemain, manajer, dan jurnalis, dengan periode yang dimulai satu hari setelah final Piala Dunia 2022 dan berakhir pada 20 Agustus 2023.

Selama periode itu, pemenang Ballon d'Or delapan kali itu membantu PSG memenangkan gelar Ligue 1, sebelum pindah ke klub MLS Inter Miami, di mana ia dengan cepat memenangkan Piala Liga untuk menambah koleksi trofinya.

Periode delapan bulan yang dipertimbangkan juga membuat Messi mencetak gol klubnya yang ke-700 dalam kariernya, total gol kariernya yang ke-800, dan gol internasionalnya yang ke-100, serta mencatatkan keterlibatannya dalam gol klub secara langsung yang ke-1.000.

3 dari 4 halaman

Messi Sejajar dengan Haaland dalam Pemungutan Suara

Namun, penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA cukup mengejutkan mengingat ia berhadapan dengan Haaland, yang mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan untuk membantu Man City memenangkan treble musim lalu.

Pemain internasional Norwegia memimpin tim asuhan Pep Guardiola mengangkat trofi Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions.

Haaland finis sejajar dengan Messi dalam pemungutan suara, namun kapten Argentina itu dinobatkan sebagai pemenang karena memiliki nominasi pilihan pertama terbanyak dari kapten tim nasional.

4 dari 4 halaman

Masuk dalam FIFPro World XI tahun 2023

Mbappe, sementara itu, mencetak 41 gol dalam 43 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2022-23, membantu PSG meraih gelar Ligue 1 bersama Messi.

Ketiga pemain tersebut masuk dalam FIFPro World XI tahun 2023, yang mencakup total enam pemain Man City, serta tiga dari Real Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.