Sukses

Wow, 6 Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Qatar Terjual Seharga Rp121 Miliar

Sanggupkah jersey Lionel Messi mengalahkan rekor penjualan kostum Michael Jordan?

Liputan6.com, Jakarta Emam kostum Lionel Messi dilelang di New York, Amerika Serikat. Seluruhnya merupakan jersey yang telah digunakan oleh La Pulga saat membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. 

Rumah lelang Sotheby mengumumkan, total harga seluruh jersey tersebut mencapai angka 7,8 juta USD atau setara dengan  Rp121 Miliar. Dan kostum yang digunakan Messi pada babak pertama salah satu pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar menjadi harga tertinggi yang berhasil terjual. 

Tidak tanggung-tanggung. Menurut Sotheby, jersey ini jadi memorabilia olahraga termahal tahun ini.

Seperti diketahui, Messi melengkapi trofi juaranya dengan memenangkan Piala Dunia 2022 Qatar. Argentina keluar sebagai juara usai mengalahkan Prancis lewat adu penalti usai bermain imbang 3-3.

“Kaus bersejarah ini tidak hanya pengingat nyata dari salah satu momen terpenting dalam sejarah olahraga, tapi pada prinsipnya terkait dengan momen puncak dalam karier pemain sepak bola paling berprestasi dalam sejarah,” pimpinan Sotheby, Brahm Wachter, dalam sebuah pernyataan resminya.

Keenam kostum Messi tersebut dipajang di kantor pusat Sotheby, New York, Amerika Serikat. Proses lelang berlangsung secara daring selama dua pekan dan berakhir pada Kamis kemarin (14/12).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penawar Tertinggi Masih Dirahasiakan

Tidak disebutkan siapa penawar tertinggi. Namun pihak Sotheby mengatakan, sebagian hasil lelang disumbangkan untuk Proyek UNICAS, yang dipimpin Rumah Sakit Anak Sant Joan de Déu Barcelona dan didukung Lionel Messi Foundation. Program ini bertujuan membantu anak-anak dengan penyakit langka.

Messi yang sudah berusia 36 tahun ini kini bermain di klub Inter Miami, Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, pemain yang sempat 17 tahun memperkuat Barcelona tersebut telah merebut berbagai gelar berharga di level klub. Mulai dari trofi juara di liga domestik hingga ajang Liga Champions.

Prestasi Messi semakin lengkap saat dia membawa Argentina memenangkan Piala Dunia 2022 Qatar. Belum lama ini, Lionel Messi kembali merebut gelar individu Ballon d'Or untuk kali kedelapan.  

3 dari 3 halaman

Gagal Lewati Rekor Jersey Michael Jordan

Rumah lelang Sotheby tentu saja berharap jersey Messi bisa memecahkan rekor lelang memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan. Sayang, hal itu tidak terwujud.

Rekor penjualan memorabilia olahraga yang dipakai dalam pertandingan tetap dipegang jersey Final NBA 1998 milik Michael Jordan, yang terjual seharga $10,1 juta di Sotheby. New York tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.