Sukses

Dua Petarung MMA Indonesia Kembali Tampil di Ajang Cage Warriors

Sementara di ajang ONE 165, atlet muay thai ternama asal Thailand, Rodtang Jitmuangnon akan berhadapan dengan Takeru Segawa di Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Dua petarung MMA asal Indonesia, yakni Eperaim Ginting dan Ronald Siahaan bakal meramaikan ajang Cage Warriors 165 di San Diego, Amerika Serikat, pada 15 Desember mendatang.

Dilansir dari situs resmi Cage Warriors, Eperaim dijadwalkan bertemu Shawn Johnson dari Amerika Serikat di kelas bantam. Sementara Ronal bertemu Andrew Cabrera dari AS di kelas terbang. 

Ini merupakan laga internasional kedua bagi peserta MMA Fight Academy tersebut. Sebelumnya, baik Eperaim maupun Ronal sudah pernah bertanding pada Road to UFC season II, Mei 2023 lalu. 

Sayang, dalam laga yang berlangsung di Shanghai, China tersebut, Eperaim dan Ronal sama-sama kalah. Eperaim Ginting hanya bertahan 58 detik saat bertemu Daermisi Zhawupasi di kelas banta. Sedangkan Ronal yang tampil di kelas terbang menyerah ronde 2 kepada petarung Jepang, Rei Tsuruya. 

Pada Cage Warriors edisi sebelumnya di Newcastle, Inggris, tiga petarung Indonesia juga ikut unjuk gigi. Mereka adalah Cornellius Aritonang, Reza Arianto dan Yoga Prabowo. Sayang, hanya Cornellius yang berhasil memenagkan pertarung. Pada CG 164 dia menang TKO ronde 2 atas Matthieu Moya. 

Dalam duel ini, Cornellius yang juga peserta MMA Fight Academy tampil dominan. Pada ronde dua, Cornellius mampu membuat Moya tersungkur dengan pukulan telak ke arah tubuh. Moya sempat berusaha untuk bangun. Namun Cornellius kembali menghujaninya dengan pukulan ke arah kepala.

Melihat tidak ada perlawanan lagi, wasit akhirnya menghentikan laga dan menyatakan Cornellius menang TKO. Hasil ini sekaligus menyempurnakan rekor bertanding Cornellius di ajang Cage Warriors menjadi dua kemenangan beruntun. Dalam debut sebelumnya, petarung berusia 22 tahun tersebut juga berhasil mengalahkan Gianluca Ancora lewat keputusan angka mutlak.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ONE 165 Hadirkan Duel Rodtang Jitmuangnon Vs Takeru Segawa

Sementara itu, laga dua bintang besar akan tersaji saat Rodtang Jitmuangnon menghadapi Takeru Segawa dalam partai utama ONE 165 yang menandai kembalinya ONE Championship ke Tokyo, Jepang.

Ajang akbar tersebut akan dihelat di Ariake Arena pada 28 Januari 2024. Dikenal sebagai raja dan salah satu petarung terhebat Muay Thai saat ini, Rodtang akan menghadapi Takeru dalam laga super kickboxing kelas terbang.

Selain itu, mantan Juara Dunia ONE Lightweight MMA, Shinya Aoki, juga akan bertemu petarung Sage Northcutt dalam ajang yang sama. Berita besar ini diumumkan Chairman dan CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong, dalam konferensi pers yang bertempat di Tokyo, Jepang, Kamis ini (30/11/2023).

Seperti diketahui, laga antara Rodtang dan Takeru telah menjadi impian sejak lama bagi para penggemar olahraga tarung. Sebagai jagoan dengan 16 laga di ONE Championship, Rodtang menegaskan posisinya sebagai predator utama di puncak rantai makanan Muay Thai.

"The Iron Man" sukses mempertahankan gelar Juara Dunia miliknya lima kali sejak merebut sabuk pada Agustus 2019 lalu. Namun, ia harus menelan kekalahan pertamanya di disiplin striking usai kalah tipis dari kawan baiknya, Superlek Kiatmoo9, dalam duel tiga ronde pada September lalu.

Sementara itu, Takeru telah lama dianggap sebagai salah satu kickboxer pound-for-pound terbaik dunia. Laga impian melawan Rodtang bisa tercipta setelah dirinya dilirik ONE Championship usai merajai kancah kickboxing di negaranya.

Pria berusia 32 tahun ini berkali-kali menjadi Juara Dunia K-1 bahkan dalam tiga kelas berbeda dengan rekor profesional 42-3. Yang lebih istimewa, 25 kemenangannya berhasil diraih lewat KO.

Di luar pencapaian impresif di atas kertas, laga antara Rodtang dan Takeru dipastikan berlangsung eksplosif dari awal sampai akhir. Terlebih, mereka telah saling melayangkan tantangan sejak beberapa bulan terakhir.

 

3 dari 3 halaman

Duel Lintas Generasi Ramaikan ONE 165

ONE 165 juga turut menampikan aksi MMA di kelas ringan antara Sage Northcutt dan Shinya Aoki. Duel ini mewakili pertempuran antara generasi baru dan lama sekaligus menampilkan yang terbaik dari dunia striking dan grappling.Sage dikenal sebagai karateka dengan bakat luar biasa yang ditunjukkannya lewat tiga kemenangan beruntun di UFC sebelum dilirik ONE Championship pada akhir 2018 lalu.

Namun, ia menderita kekalahan menyakitkan dalam debutnya di ONE pada Mei 2019 yang memaksa dirinya beristirahat panjang sekaligus mengasah keterampilannya dalam MMA.

Pada Mei 2023, pria Amerika berusia 27 tahun ini kembali dengan cara spektakuler lewat kuncian ronde pertama atas Ahmed Mujtaba dalam gelaran ONE Fight Night 10 di tanah kelahirannya. Kemenangan itu juga mengumumkan kehadirannya sebagai ancaman nyata bagi petarung elite kelas ringan.

Kini, Sage ingin meneruskan lajunya demi memenuhi ekspektasi luar biasa yang menyelimutinya saat melawan pemilik kuncian ternama, Shinya Aoki.Sang bintang Jepang merupakan veteran dengan hampir 60 laga profesional termasuk 17 laga MMA di ONE. Nama Aoki juga dikenal sebagai salah satu bintang yang paling dihormati serta petarung ground yang paling ditakuti.

Sepanjang karier gemilangnya itu, “Tobikan Judan" atau Grand Master Kuncian Terbang telah meraih 47 kemenangan dengan 30 di antaranya melalui kuncian. Selain itu, ikon Jepang ini empat kali menjadi Juara Dunia ONE Lightweight MMA.Laga lain dalam ONE 165 akan diumumkan dalam waktu dekat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.