Sukses

Timnas Uzbekistan Tak Khawatir Tampil Tanpa Pelatih di Perempat Final Piala Dunia U-17 2023

Timnas Uzbekistan U-17 tak khawatir meski harus tampil tanpa pelatih di perempat final Piala Dunia U-17 2023 setelah Jamoliddin Rakhmatullaev diganjar kartu merah dalam laga kontra Inggris di babak 16 besar pada Rabu (22/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Uzbekistan dipastikan tampil tanpa pelatih di perempat final Piala Dunia U-17 2023. Hal ini menyusul diberikannya kartu merah oleh wasit menyusul gesekan antara sang juru taktik dengan para pemain Inggris mendekati akhir laga 16 besar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (22/11/2023).

Sekadar informasi, Timnas Uzbekistan U-17 memang baru saja membuat kejutan di laga perdana fase knock-out melawan Inggris. Pasukan Jamoliddin Rakhmatullaev mampu menekuk The Young Lions dengan 2-1 sekaligus memastikan tiket menuju babak 8 besar.

Tim asal Asia Tengah memang sanggup memimpin jalannya laga sejak awal pertandingan. Meski tak lebih unggul dalam hal ball possession, Uzbekistan berhasil menciptakan gol cepat lewat Amirbek Saidov di menit ke-4.

Anak-anak asuh Ryan Garry sempat mencoba menyeimbangkan keadaan lewat gol Joel Ndala pada menit 35. Akan tetapi, keberhasilan kapten Uzbekistan Lazizbek Mirzaev mencetak gol kedua bagi timnya memupuskan harapan Inggris untuk mengejar trofi FIFA U-17 World Cup.

Sayangnya, kemenangan Uzbekistan atas Inggris sempat diwarnai insiden kurang menyenangkan di masa injury time babak kedua. Pelatih Jamoliddin Rakhmatullaev mendapat konfrontasi dari sejumlah pemain Timnas Inggris U-17 akibat aksinya di pinggir lapangan.

Rakhmatullaev sempat 'mengintervensi' jalannya laga dengan menendang bola yang keluar area permainan dari tepi bench. Jayden Meghoma menjawab sikap itu dengan menghampiri pelatih lawan, disusul rekan-rekannya. Insiden ini baru berhenti setelah wasit muncul untuk menengahi sekaligus memberi kartu merah bagi Rakhmatullaev dan kartu kuning bagi Meghoma.

Pelatih Timnas Uzbekistan pun sontak diusir keluar lapangan, dan dipastikan tak bisa mendampingi anak-anak asuhnya kala berhadapan dengan pemenang laga Prancis vs Senegal di perempat final Piala Dunia U-17 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Percaya Diri Tatap 8 Besar

Asisten pelatih Timnas Uzbekistan U-17 Anvar Rakhimov yang ambil alih memberi keterangan kepada awak media selepas laga angkat bicara menanggapi situasi timnya pasca diberikannya kartu merah kepada Jamoliddin Rakhmatullaev.

Meski bakal tampil tanpa pelatih kepala, Rakhimov memastikan Uzbekistan bakal berjuang sekuat tenaga untuk memberi penampilan terbaik di perempat final Piala Dunia U-17 2023.

"Dia (pelatih) begitu penting buat kami, tetapi kami harus bermain tanpa dia (di perempat final). Kami akan berjuang sekuat mungkin jga untuk dia," ujar Rakhimov saat ditemui di mixed zone JIS selepas laga Inggris vs Uzbekistan, Rabu (22/11/2023) sore WIB.

"(Situasi) ini memang begitu sulit untuk langkah para pemain. Namun, kami akan berdoa kepada Allah untuk melewati segala cobaan," sambungnya kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Komentar Pemain Timnas Uzbekistan

Hal serupa juga disampaikan oleh pemain Timnas Uzbekistan U-17 Amirbek Saidov. Sosok yang sudah mencetak 4 gol bagi skuad asal Asia Tengah di Piala Dunia U-17 2023 itu tak menampik situasi bakal sulit tanpa kehadiran pelatih kepada di perempat final.

Kendati demikian, ia optimistis Uzbekistan dapat tetap tampil maksimal dengan mengikuti arahan serta instruksi pelatih sebelum pertandingan.

"Ya, itu akan sulit. Mungkin saja kita akan menghadapi sejumlah kesulitan. Akan tetapi, sebagai tim, kami pasti bisa juga memenangkan pertandingan selanjutnya," ujar Saidov kepada awak media.

"Pelatih bisa memberikan instruksi sebelum pertandingan dan kami akan mencoba untuk mengikuti instruksinya," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.