Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Laga Inggris vs Uzbekistan di JIS Diwarnai Insiden, Pelatih The Young Lions Beri Komentar

Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry mengomentari gesekan yang sempat terjadi antara pelatih Uzbekistan Jamoliddin Rakhmatullaev dengan anak-anak asuhnya jelang pengujung laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (22/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Insiden kurang menyenangkan terjadi jelang pengujung laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023 yang mempertemukan Timnas Inggris U-17 vs Uzbekistan di Jakarta International Stadium (JIS) pada Rabu (22/11/2023).

Pelatih Jamoliddin Rakhmatullaev terlibat gesekan dengan anak-anak asuh Ryan Garry ketika pertandingan sudah memasuki injury time dengan kedudukan 1-2 untuk keunggulan Timnas Uzbekistan U-17.

Sekadar informasi, Uzbekistan memang mampu menunjukkan taringnya sejak awal pertandingan melawan Inggris di 16 besar FIFA U-17 World Cup 2023. Tim asal Asia Tengah bahkan berhasil menciptakan gol cepat lewat aksi Amirbek Saidov pada menit keempat.

Persaingan menjadi makin seru ketika Joel Ndala mampu menyeimbangkan kedudukan di menit 35. Sayangnya, gol Lazizbek Mirzaev pasca turun minum membuat The Young Lions kembali berada di posisi minor.

Skuad racikan Ryan Garry pun berupaya mati-matian untuk mengejar ketertinggalan. Timnas Inggris cukup baik dalam menguasai bola dan banyak mendapat peluang, tetapi tak satu pun yang berhasil dikonversi menjadi angka.

Laga mau tak mau memanas ketika duel sudah memasuki menit-menit akhir. The Young Lions yang masih berupaya membangun serangan terpancing emosinya ketika bola keluar ditendang oleh pelatih Timnas Uzbekistan U-17 Jamoliddin Rakhmatullaev dari pinggir lapangan.

Jayden Meghoma sontak mengkonfrontasi aksi itu dengan menghampiri juru taktik lawan ke pinggir lapangan. Pemain Timnas Inggris U-17 lain pun langsung mengikuti langkah rekannya. Wasit lantas turun tangan guna menengahi situasi sekaligus memberi masing-masing kartu merah dan kartu kuning buat Rakhmatullaev serta Meghoma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Ryan Garry soal Insiden di Laga Inggris vs Uzbekistan

Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry pun sempat ditanyai awak media selepas menelan kekalahan di laga kontra Uzbekistan. Ia mengaku tak terlalu menyaksikan kejadian itu, tetapi merasa khawatir akan kondisi para pemain.

"Saya tidak benar-benar melihat (kejadian itu). Saya pikir itu karena ada dua tim yang sedang benar-benar putus asa untuk meraih kemenangan. Saya tidak yakin dengan keputusan wasit, tetapi ini bukan hak saya untuk memberi komentar," ujar Garry saat ditemui awak media di mixed zone Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (22/11/2023).

"Saya tidak secara jelas melihat (insiden itu). Namun, saya hanya merasa khawatir dengan kondisi para pemain (saat itu), di mana kami masih berusaha untuk melanjutkan permainan. Kalau tidak salah masih ada sisa dua menit lagi (saat insiden terjadi). Jadi, saya hanya fokus pada dua menit itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Dampingi Uzbekistan

Akibat kejadian tersebut, Uzbekistan dipastikan tak bakal didampingi pelatih Jamoliddin Rakhmatullaev saat tampil di babak perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Tim asal Asia Tengah dijadwalkan bersua dengan pemenang laga Prancis vs Senegal di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (25/11/2023) pukul 15.30 WIB.

Sementar itu, pemain Timnas Inggris Jayden Meghoma enggan memberi komentar terkait insiden yang melibatkan dirinya. Ia langsung meninggalkan mixed zone selepas laga tanpa menjawab pertanyaan media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.