Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Dihajar Brasil di JIS, Pelatih Timnas Inggris Tetap Puas dengan Performa The Young Lions

Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry mengaku puas dengan performa timnya, terlepas dari kekalahan atas Brasil dalam laga pemungkas grup C Piala Dunia U-17 2023 yang dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) pada Jumat (17/11/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry mengaku puas dengan performa timnya, terlepas dari kekalahan atas Brasil dalam laga pemungkas grup C Piala Dunia U-17 2023 yang dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) pada Jumat (17/11/2023) malam WIB.

Eks pemain Arsenal itu menilai anak-anak asuhnya sudah menunjukkan penampilan apik serta menciptakan banyak peluang, meski The Young Lions pada akhirnya cuma mampu mengoleksi 1 gol berkat eksekusi penalti Joel Ndala di babak kedua.

Sekadar informasi, duel terakhir grup C Piala Dunia U-17 2023 antara Inggris melawan Brasil memang menjadi salah satu pertandingan paling panas di Jakarta International Stadium (JIS).

Duo tim papan atas berebut posisi puncak klasemen sementara, dengan Inggris sebelumnya sudah mengantongi dua kemenangan atas Kaledonia Baru dan Iran, sedangkan Brasil baru sekali menang melawan Kaledonia Baru.

Joel Ndala dan kawan-kawan pun tampil agresif serta banyak menguasai bola di awal laga. Sayangnya, justru Brasil yang mampu lebih dulu unggul lewat gol Kaua Elias dan Da Mata pada menit 43 serta 54.

Pasukan Ryan Garry baru berhasil memecah kebuntuan setelah wasit menghadiahkan tendangan penalti kepada Timnas Inggris U-17 di menit 71. Joel Ndala yang tampil sebagai eksekutor pun mampu menunaikan tugasnya untuk mengantar The Young Lions mengakhiri laga dengan 1-2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inggris Jadi Pemuncak Klasemen Grup C

Hasil ini memastikan Inggris melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 dengan status juara grup C. Anak-anak asuh Ryan Garry berhak menempati posisi teratas klasemen usai menorehkan 6 poin dari 3 pertandingan dengan catatan 13 gol dan 3 kali kebobolan.

Adapun Brasil menyusul di posisi kedua dengan koleksi poin identik. Hanya saja, skuad racikan Phelipe Leal tertinggal dari segi selisih gol dibanding Inggris lantaran sempat kebobolan 4 kali dan mengoyak jaring lawan 13 kali.

Selanjutnya, Iran yang bertengger di bawah Brasil harus rela memperoleh tiket lewat jalur peringkat tiga terbaik. Mereka kalah selisih gol dari The Young Lions dan Tim Samba, meski sama-sama mengoleksi 2 kemenangan dari 3 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Ryan Garry Puji Performa Inggris

Ryan Garry yang sukses mengantar anak-anak asuhnya melesat ke fase knock-out pun melontarkan apresiasi untuk Timnas Inggris U-17 selepas laga melawan Brasil. Sang pelatih mengaku cukup puas dengan performa skuad, meski gagal memetik kemenangan di laga ketiga.

"Saya rasa kami sudah bermain dengan sangat baik, kami tampil kuat sebagai sebuah tim. Mungkin kami layak mendapat yang lebih baik dari segi hasil (skor) akhir, tetapi jika bicara soal performa sudah cukup baik," ujar Garry saat ditemui awak media di mixed zone JIS selepas laga Inggris vs Brasil, Jumat (17/11/2023).

"Kami menciptakan banyak peluang, kami sanggup menguasai bola, jumlah tembakannya juga (bagus), kami senang dengan hal itu."

"Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada Brasil karena mereka punya momentum dalam pertandingan, lalu mereka (memanfaatkannya) dengan mencetak gol, tetapi bukan berarti kami (Inggris) tidak berusaha," tambah dia.

4 dari 4 halaman

Alihkan Fokus ke 16 Besar Piala Dunia U-17

Lebih lanjut, Ryan Garry pun mengeklaim timnya kini akan langsung mengalihkan fokus ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Ia berharap Timnas Inggris U-17 mampu mengambil nilai positif selama fase penyisihan grup untuk di bawa bersaing di babak knock-out.

"Tentu ini adalah fase grup yang luar biasa buat kami, performa kami sangat-sangat positif, dan sekarang kami harus mengambil (nilai positif) itu untuk pertandingan berikutnya," ujar dia kepada awak media.

"Sekarang kami akan melangkah ke depan. Kami harus mengulas kembali penampilan (di laga) ini dan maju ke babak berikutnya," tandas Ryan Garry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.