Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Pelatih Timnas Inggris Beri Respons Hangat soal Elkan Baggott yang Main di Klub Championship

Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry bicara soal pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott yang saat ini berkarier bersama Ipswich Town di kompetisi kasta kedua Championship.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Inggris U-17 Ryan Garry bicara soal pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott yang saat ini berkarier bersama Ipswich Town di kompetisi kasta kedua Inggris, Championship.

Juru taktik berusia 40 tahun itu merespons hangat adanya penggawa skuad Garuda yang berhasil menembus tim di negaranya, walau semula mengaku tak tahu-menahu soal keberadaan Elkan Baggott.

Sekadar informasi, Baggott sejatinya sudah cukup lama melanglang buana di klub-klub Inggris. Pesepak bola berusia 21 tahun sempat dipinjamkan ke King's Lynn Town, Gillingham FC, Cheltenham, hingga akhirnya kembali ke Ipswich Town.

Adapun di klubnya saat ini, Baggott belum terlalu sering mendapat menit bermain. Ia kerap kali tak masuk dalam skuad atau hanya dijadikan penghangat bangku cadangan.

Situs Transfermarkt mencatat bek Timnas Indonesia baru tampil 4 kali bersama Ipswich Town di musim 2023/2024. Keempat pertandingan tersebut semuanya tersaji di ajang Carabao Cup, dengan Baggott sempat menyumbang 1 gol kala timnya takluk dari Fulham di babak 16 besar.

Kendati demikian, Elkan Baggott boleh dikata merupakan salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Selain jago dalam bertahan, bek kelahiran 2002 sudah menyumbang 2 gol dalam 18 caps bersama timnas senior di level internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Ryan Garry soal Elkan Baggott

Pelatih Inggris U-17 Ryan Garry, yang sempat ditanyai soal Elkan Baggott saat melakoni sesi latihan resmi bersama anak-anak asuhnya jelang laga pemungkas Piala Dunia U-17 2023, pun mengaku tak tahu-menahu soal kiprah pemain Timnas Indonesia di klub Inggris.

Walau begitu, Ryan Garry memberi respons hangat soal keberhasilan Elkan Baggott menjadi bagian dari salah satu tim divisi Championship. Ia mengaku senang telah diberi tahu fakta tersebut dan menilai hal ini sebagai sesuatu yang bagus.

"Saya belum tahu (soal pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott yang main di Inggris). Itu adalah sesuatu yang luar biasa, terim kasih sudah memberi tahu saya hal ini," tutur Garry saat ditemui awak media di Stadion Madya, Komplek GBK, Kamis (16/11/2023).

"Saya pikir itu (keberhasilan Baggott main di Inggris) merupakan sesuatu yang luar biasa. Ini adalah turnamen global dan kami tahu ada banyak pemain berbeda, dengan karakteristik berbeda, yang menjadi bagian dari sepak bola di Inggris."

"Jadi, fakta ini tidak mengejutkan buat saya, dan ini adalah sesuatu yang menyenangkan untuk didengar. Saya berterima kasih sudah diberi tahu soal (Elkan Baggott) ini," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Kiprah Inggris di Piala Dunia U-17 2023

Sekadar informasi, Ryan Garry bersama skuad Timnas Inggris U-17 saat ini sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Kepastian itu didapat setelah Inggris menang berturut-turut atas Kaledonia Baru dan Iran di dua laga perdana penyisihan grup C.

Adapun Timnas Inggris U-17 saat ini hanya perlu menantang sang juara bertahan Brasil dalam laga pemungkas yang dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) pada Jumat (17/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Apabila berhasil menang di laga tersebut, Inggris bakal langsung finis sebagai juara grup C. Sementara Brasil saat ini masih cukup rawan lantaran mereka tengah bercokol di peringkat 2 klasemen sementara dengan torehan 3 poin dari 2 pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.