Sukses

Manchester United Andalkan Jonny Evans, Raphael Varane Bakal Pusing Tujuh Keliling Pikirkan Pilihan Ten Hag

Manajer Manchester United Erik Ten Hag belakangan ini lebih suka untuk memainkan Jonny Evans ketimbang Raphael Varane. Padahal bek asal Prancis ini sudah pulih dari cedera.

Liputan6.com, Manchester- Manchester United sudah lama mengandalkan Raphael Varane di lini pertahanan. Dia belakangan jarang main karena mengalami cedera.

MU biasanya menduetkan Raphael Varane dengan Lisandro Martinez yang sepertinya menjadi pasangan ideal bagi Erik Ten Hag. Namun Ten Hag belakangan ini malah tidak memilih Raphael Varane sebagai starter.

Ten Hag lebih suka untuk menurunkan Jonny Evans untuk diduetkan dengan Harry Maguire yang bangkit dengan Man Utd. Legenda MU Rio Ferdinand turut menyoroti pilihan Ten Hag ini.

Menurut mantan bek Manchester United ini, Raphael Varane bakal pusing tujuh keliling memikirkan pilihan Ten Hag. Dia bakal heran karena merasa punya kualitas untuk menjadi starter.

Maka itu, Ten Hag sempat dikabarkan bersitegang dengan Raphael Varane tapi dibantah. Ferdinand meyakini kondisi ini bakal membuat Varane bertanya-tanya.

Raphael Varane diboyong oleh MU pada 2021 lalu dengan transfer 50 juta euro dari Real Madrid. Sejak itu, dia menjadi pilar di lini pertahanan Man Utd kalau tidak cedera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ferdinand Tak Yakin dengan Alasan Ten Hag

Ten Hag sebelumnya mengungkapkan alasan dia mencadangkan Varane. Semua itu disebutnya murni karena alasan taktik.

Namun Ferdinand tidak yakin dengan alasan itu. Dia yakin Varane akan bertanya-tanya dalam otaknya mengapa bisa kehilangan posisi dan kalah bersaing dengan Jonny Evans, bek veteran 35 tahun.

"Saya tahu Varane bakal tersadar dan otaknya berpikir keras,"Saya sudah memenangkan lima trofi Liga Champions. Saya berperan penting di prestasi itu, saya pernah main dengan pemain terbaik di dunia dan saya gabung MU tapi Jonny Evans lebih dipilih ketimbang saya!" kata Ferdinand seperti dikutip Metro.

 

3 dari 5 halaman

Tak Mungkin Raphael Varane Memprediksi Jonny Evans Bakal Jadi Saingan

 

Ferdinand pernah main dengan Jonny Evans saat masih berkostum MU. Karena itu, dia tahu kualitas Evans, meski dia tetap yakin, Varane tak menyangka Evans bakal merebut posisinya.

"Saya bukannya tidak respek dengan Jonny Evans. Tanpa melihat apa yang sudah Evans lakukan, tak mungkin Jonny Evans pernah ada di pikiran Varane. Dia pasti tak mengira Evans bakal jadi saingannya," kata mantan bek Timnas Inggris itu.

"Dalam pikiran saya, meski Varane jadi cadangan, dia bisa main. Jadi saya tak tahu betul apa alasan Ten Hag."

4 dari 5 halaman

Alasan Ten Hag Kenapa Tak Mainkan Varane

Varane masuk dalam daftar pemain pengganti dalam tiga dari empat pertandingan terakhir Man Utd. Bos Man Utd Erik ten Hag lebih memilih memainkan Harry Maguire dan Jonny Evans.

Situasi itu memicu rumor tentang retaknya hubungan Ten Hag dengan Varane. Namun, ahli strategi asal Belanda itu dengan tegas membantah rumor tersebut.

"Sama sekali tidak. Seperti yang saya katakan, ini adalah alasan taktis mengapa saya memilih kemitraan ini. Saya pikir Harry (Maguire) dan Jonny (Evans) melakukannya dengan baik," kata Erik ten Hag kepada wartawan seperti dikutip Sportsmole.

"Tahun lalu Harry tidak banyak bermain, jadi saya sangat senang dengan penampilan Rapha. Saya selalu senang dengan penampilannya. Namun saat ini, Harry bermain sangat baik dan ada persaingan internal."

5 dari 5 halaman

Duet Maguire dan Varane Bukan Pilihan

Raphael Varane masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Jonny Evans yang cedera pada menit ke-20 saat kalah dari Copenhagen di Liga Champions, Kamis (9/11/2023) lalu.

Mantan pemain Real Madrid itu akan memperkuat MU saat menjamu Luton Town pada pekan ke-12 Liga Inggris, Sabtu (11/11). Sebab, Evans, Lisandro Martinez, dan Luke Shaw semuanya absen karena cedera.

Kendati demikian, Manajer MU Erik ten Hag berpendapat duet bek tengah Maguire dan Varane bukanlah pilihan yang diinginkannya. "Ada momen dalam pertandingan tertentu di mana mereka bisa bermain bersama dan mereka telah membuktikan bahwa mereka bisa melakukannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Raphael Varane adalah pemain sepak bola Profesional asal Perancis yang sekarang membela Real Madrid
    Raphael Varane adalah pemain sepak bola Profesional asal Perancis yang sekarang membela Real Madrid

    Raphael Varane

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.
    Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.

    Ten Hag

  • Jonny Evans