Sukses

Hasil Piala Dunia U-17 2023: Uzbekistan Lumat Kanada di Manahan

Uzbekistan berhasil mengalahkan Kanada dengan skor telak 3-0 pada laga keduanya di Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Uzbekistan menghidupkan peluang ke babak perempat final Piala Dunia U-17 2023. Uzbekistan menang besar 3-0 atas Kanada pada laga keduanya di Grup B yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (13/11/2023) malam WIB.

Dengan kemenangan ini maka Uzbekistan naik ke urutan tiga Grup B Piala Dunia U-17 2023 dengan poin tiga. Mereka cuma kalah selisih gol dari Mali yang ada di urutan dua. Sedangkan Kanada berada di dasar klasemen karena selalu kalah di dua laga awal. Spanyol yang bercokol di puncak dengan poin enam.

Pertemuan Kanada dengan Uzbekistan sebenarnya berlangsung imbang di awal babak pertama. Bahkan Kanada lebih banyak mengancam gawang Uzbekistan di menit-menit awal pertandingan.

Kanada memiliki peluang emas pertama di menit 13 melalui Kevaughn Tavernier. Namun sepakannya masih melebar dari gawang Uzbekistan sebelum dianggap off-side oleh wasit.

Tyler Londano membuang peluang untuk membawa Kanada memimpin pada menit 19. Tendangan Londano dari dalam kotak penalti masih meleset dari sasaran.

Malapeta menimpa Kanada di menit 22. Umpan silang penyerang Amirbek Saidov yang mengarah ke gawang membentur Richard Chukwu sehingga melahirkan gol bunuh diri. Uzbekistan unggul 1-0 atas Kanada. Kiper Kanada terkecoh sehingga mati langkah.

Dua menit berselang Uzbekistan menggandakan keunggulan. Saidov kali ini bisa menyumbang gol. Umpan terobosan Ollobergan Karimov membuat Saidov lolos dari jebakan off-side. Dengan tenang Saidov menjaringkan bola ke gawang Kanada.

Gol ini sempat cukup lama disahkan oleh wasit karena harus mengecek VAR. Ada dugaan Saidov terperangkap off-side terlebih dulu. Namun VAR akhirnya memastikan gol sah. Keunggulan 2-0 Uzbekistan ini bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua Uzbekistan vs Kanada

Tertinggal dua gol, Kanada langsung merombak tim di babak kedua. Dua pemain depan tambahan dimasukkan yakni Philip Igbinobaro dan Lucas Ozimec.

Ozimec nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit 65. Sayangnya sontekan di mulut gawang masih melebar tipis.

Asyik menyerang, pertahanan Kanada menjadi bolong. Saidov hampir menambah gol di menit 70. Beruntung bagi Kanada. Eksekusi Saidov kali ini meleset dari sasaran.

Saidov akhirnya bisa membuat gol keduanya di menit 80. Tendangan jauh kiper Uzbekistan Muhammadyusuf Sobirov gagal dihalau penjaga gawang Kanada Nathaniel Abraham. Saidov pun dengan mudah tinggal menceploskan bola ke gawang kosong.

Tak ada gol lagi yang tercipta sampai peluit panjang ditiup wasit. Uzbekistan menang 3-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini